Review Busi KC PREMIER CPR6EA-9 R di Yamaha Byson Karbu, Lah Kok Gini?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai review busi KC Premier CPR6EA-9 R di Yamaha Byson karbu.

 

Tidak terasa Yamaha Byson karbu yang kami gunakan sudah hampir menyentuh angka 30.000 Km. Sebuah angka yang sebenarnya masih sangat kecil jika dilihat dari umur motor yang sudah 8 tahun menemani keseharian kami.

 

Karena sudah rutinan dalam mengganti busi di tiap 10.000 Km sekali, jadi kami pun pada tadi pagi melakukan pergantian busi.

 

Lagi pula, busi dari Yamaha Byson milik kami sudah mulai tidak berfungsi dengan baik. Ini ditandai dengan mesin yang mulai susah untuk menyala.

 

Serta karena ini motor berjenis karbu, maka tidak heran jika busi sering banjir bensin jika sudah lama tidak digunakan dan dipaksa dihidupkan.

 

Sebelum lanjut ke bagian pengulasan atau review, kami infokan dulu jika busi bawaan dari Yamaha Byson karbu dan injeksi adalah busi dari NGK bertipe CPR8EA-9 R.

 

Sedangkan untuk tipe CPR6EA-9 R, biasanya digunakan oleh Vixion hingga Kharisma.

 

Dan sebenarnya kami enggan menggunakan busi yang tidak sesuai dengan spek bawaan, tetapi karena stoknya susah dicari di bengkel, pada akhirnya kami harus legowo membeli busi aftermarket dengan tipe CPR6EA-9 R.

 

Review Busi KC PREMIER CPR6EA-9 R

Review Busi KC PREMIER CPR6EA-9 R di Yamaha Byson Karbu, Lah Kok Gini?


Sebenanya ini bukan kali pertama kami menggunakan busi bertipe CPR6EA-9 R, sebab sebelumnya juga sudah menggunakan tipe busi ini, tetapi dari brand NGK.

 

Sekarang, kami menemukan busi CPR6EA-9 R dari brand KC Premier. Kemasan dari busi ini sendiri nampak tidak begitu banyak tulisan, sehingga kami pun malas untuk memotonya karena berpikir nanti cek spek busi di marketplace.

 

Well, ternyata rencana kami berantakan, sebab busi yang satu ini susah untuk ditemukan bahkan di marketplace terkemuka sekali pun.

 

Tetapi yang jelas, busi yang satu ini terkategori busi standaran dengan harga hanya Rp. 15.000 saja.

 

Satu hal yang menarik dari busi  ini adalah bagian pemantik apinya yang cukup kecil dimensinya. Ini menandakan jika busi ini pasti punya keunggulan yakni titik api lebih terfokus sehingga sistem pembakaran jadi lebih stabil.

 

Tetapi apakah benar begitu?

 

Setelah dipasang pada Yamaha Byson karbu, tentu saja pertama kali akan menyala. Tetapi lambat laun mesin mati dan susah dinyalakan kembali.

 

Lah kenapa? Apakah ada kerusakan lain pada motor? Jawabannya adalah tidak, TETAPI kita harus setting celah busi dari KC Premier ini.

 

Pasalnya, celah busi bawaan dari KC Premier ini tergolong sangat besar. Hal ini wajar jika busi menjadi sulit untuk menghasilkan api.

 

Jadi sebagai langkah awal, kami coba perpendek celah busi agar api bisa mudah tersulut pada busi. Dan hasilnya motor pun bisa menyala dengan lancar.

 

Tetapi bila kita telaah lagi, ini cukup unik karena biasanya busi baru bisa langsung dipakai, terlebih busi standaran.

 

Sedangkan KC Premier ini harus menyetel lagi celah businya agar bisa membuat mesin motor menyala. Hm hm..

 

Kalian bisa cek videonya di bawah ini:

 


 

Pada video di atas, kami tidak mendokumentasikan proses penyettingan celah busi karena baterai kamera sudah mulai habis.

 

Alhasil proses video pun hanya sampai proses motor susah menyala sesaat setelah busi berhasil dipasangkan untuk pertama kali.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....