Arti Proper Adalah Apa? Ini Jawabannya !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti proper adalah apa?

 

Apakah kalian pernah mendengar kata proper? Jika ia, mungkin ada di antara kita yang bingung dengan maksud proper.

 

Pasalnya, ini adalah kata dalam bahasa Inggris di mana Indonesia sendiri mengusung bahasa Indonesia dan bukan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

 

Oleh karenanya, menjadi wajar jika istilah atau kata dalam bahasa Inggris masih banyak yang belum diketahui oleh orang Indonesia.

 

Well, dalam dunia otomotif, proper ini sekarang mulai banyak digandrungi oleh modifikator motor.

 

Nah untuk kalian yang penasaran dengan kata yang satu ini, mari simak sub judul di bawah ini:

 

Proper Artinya

Arti Proper Adalah Apa? Ini Jawabannya !!!

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, proper ini berasal dari bahasa Inggris yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah layak.

 

Arti proper adalah layak, tepat, pantas, wajar, patut, sebenarnya, sopan, sebaiknya, semenggah, kelulu, senonoh, hingga benar.

 

Jadi proper ini cenderung mendefinisikan sifat yang layak atau sepatutnya yang sesuai dengan etika, moral, norma, hingga aturan yang berlaku.

 

Well, dengan demikian, orang yang proper ini biasa diartikan sebagai orang yang layak dalam konteks tertentu.

 

Misal orang yang proper di bidang kerja tertentu, atau orang yang proper dalam menjaga lisannya di suatu daerah tertentu.

 

Proper Dalam Modifikasi Motor

Modifikasi proper adalah modifikasi yang layak, yakni mengedepankan fungsi dan ubahannya cenderung tidak ekstrem dan masih terbilang rapih.

 

Biasanya motor yang menganut modifikasi proper adalah motor-motor dengan jenis matic atau metik.

 

Contoh dalam modifikasi motor proper adalah motor metik yang hanya memberi ubahan kecil seperti memasang visor, memberi aksen warna baru, mengecat velg, ganti jok, hingga ganti beberapa bodi.

 

Modifikasi proper ini masih terlihat rapih dan layak digunakan, sehingga motor dengan konsep proper seperti ini biasanya masih sangat layak untuk digunakan di jalan raya.

 

Ini mungkin akan berbeda dengan modifikasi trondol yang cenderung lebih ekstrim dan biasanya tidak dianjurkan digunakan di jalan raya karena tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

 

Apakah Modifikasi Proper Dilarang?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, biasanya modifikasi proper ini masih dalam batasan yang layak dan rapih.

 

Artinya kemungkinan besar modifikasi proper ini tidak dilarang karena ubahannya tidak ekstrim.

 

Tetapi jika konsep proper lalu mengganti part ke part yang dilarang digunakan seperti lampu strobo atau warna lampu yang tidak sesuai, maka modifikasi pada motor seperti ini dapat dikatakan dilarang.

 

Jadi pada dasarnya modifikasi ini tidak dilarang selama tidak mengubah part ke part yang bertentangan dengan undang-undang yang berlaku.

 

Dan jika sudah bertentangan dengan UU Lalu Lintas, maka modifikasi ini dapat dikatakan sudah melenceng dari filosofi modifikasi proper yang “layak” atau pantas untuk digunakan di jalan raya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x