Arti Motor Trondol Adalah? Waduh Kok Dilarang???

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti motor trondol.

 

Salah satu aliran modifikasi motor yang cukup banyak ditemui di Indonesia adalah modifikasi trondol.

 

Modifikasi ini bila diperhatikan akan bertentangan dengan modifikasi proper. Sebab keduanya cukup bersilangan dari beberapa aspek.

 

Baca Juga: Arti Modifikasi Motor Proper

 

Namun meski begitu, modif trondol juga punya sedikit persamaan dengan modif proper di mana kadang keduanya dipadukan dengan aliran modifikasi lain.

 

Misalnya saja adalah modifikasi street fighter yang dibarengi dengan modifikasi motor trondol.

 

Hm, lalu apa sih yang dimaksud dengan modifikasi motor trondol ini? Mari kita bahas saja bersama di bawah ini.

 

Arti Trondol

Kami cukup kesulitan ketika harus mencari definisi dari trondol ini. Pasalnya kata ini cukup sukar untuk dikupas.

 

Entah itu dari bahasa Indonesia, bahasa Inggris, atau bahasa Jawa, yang jelas kata trondol ini memang sukar untuk ditelaah secara lebih dalam.

 

Namun dari beberapa forum, dikatakan jika trondol ini adalah bahasa gaul yang artinya adalah telanjang.

 

Lalu, apa yang dimaksud dengan motor trondol?

 

Arti Motor Trondol

Arti Motor Trondol Adalah? Waduh Kok Dilarang???

Arti motor trondol adalah motor yang ditelanjangi atau dipreteli bagian bodi-bodinya sehingga terlihat minim akan bodi. Biasanya modifikasi trondol pada motor digunakan pada ajang balap liar di Indonesia, meski ada juga yang digunakan untuk ajang kontes.

 

Ini adalah definisi secara sederhana, sebab secara “bercabang”, modifikasi trondol juga didefinisikan sebagai modifikasi motor yang mengutamakan seni dalam artian bukan fungsionalnya.

 

Banyak yang bilang jika ubahan di motor-motor trondol cenderung ekstrim hingga radikal sehingga kurang layak untuk digunakan di jalanan.

 

Oleh karenanya, ini juga yang jadi pembeda antara motor trondol dan juga motor proper, di mana motor trondol mengutamakan “seni” atau ide liar modifikasi motor, sedangkan motor proper cenderung mengusung modifikasi yang masih mengedepankan kerapihan hingga kelayakan fungsi motor itu sendiri.

 

Perbedaan Motor Trondol dan Naked

Well jika dalam bahasa gaul ada trondol yang artinya adalah telanjang, maka dalam bahasa Inggris ada juga kata naked yang artinya adalah telanjang, juga.

 

Naked sendiri lebih sering digunakan untuk mendefinisikan motor ketimbang trondol. Di sini, mungkin akan ada kebingungan dari kita, apa bedanya motor naked dan motor trondol?

 

Motor naked sendiri biasanya mendefinisikan motor sport yang non fairing semisal Vixion, Byson, CB150R, Verza, Megapro, GSX S150, dan lain sebagainya.

 

Sebenarnya mungkin motor trondol ini juga bisa disebut sebagai motor trondol. Tetapi ada perbedaan cukup mencolok antara motor trondol dan motor naked.

 

Motor naked biasanya dari pabrikan sudah diberi bodi dan memang tidak berfairing seperti Byson, Vixion, dan lain sebagainya. Sedangkan motor trondol cenderung awalnya sudah diberi bodi namun dipreteli agar lebih minim bodi lagi.

 

Misalnya saja adalah ketika kita punya motor Ninja 150R, kemudian kita preteli bagian bodi kiri dan kanannya, lalu kita buka bagian spakbor belakangnya, dan lain sebagainya.

 

Tetapi definisi trondol ini sekali lagi punya makna yang cukup luas jika dilihat dari unsur “seninya”, sebab tak jarang pada akhirnya motor yang tidak minim bodi juga disebut motor trondol karena unsur ubahan yang radikal, tidak biasa, dan juga ekstrim.


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....