Aki R25 Berapa Ampere ??? Ini Jawabannya

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai besar ampere dari aki R25.

 

R25 merupakan salah satu motor sport full fairing yang masih diperjual belikan secara baru oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing di Indonesia.

 

R25 adalah R3 versi penjualan di Indonesia, di mana motor yang satu ini juga dibalapkan di ajang WSSP 300 yakni kelas terkecil di ajang WSBK.

 

Sebenarnya R25 yang sudah memasuki generasi kedua di Indonesia ini tidak begitu banyak mengusung sistem kelistrikan bila dibandingkan dengan kompetitornya. Tetapi meski begitu, motor yang satu ini tetap punya aki yang speknya cukup tinggi.

 

Lalu, apa aki yang digunakan oleh R25 dan berapa ampere-nya?

 

Besar Ampere Aki R25

Aki R25 berapa ampere? Jawabannya adalah aki R25 punya kapasitas sebesar 7,4 Ampere Hour (Ah). Adapun aki yang digunakan oleh R25 dari bawaan pabriknya adalah GS Astra GTZ8V.

 

GS Astra GTZ8V sendiri merupakan aki berjenis Maintenance Free atau MF. Adapun untuk kalian yang tau bagaimana spek lengkap dari aki ini, mari kita bahas di sub bab berikutnya.

 

Spesifikasi GS Astra GTZ8V, Aki Bawaan R25

  • Tegangan: 12 Volt
  • Kapasitas: 7,4 Ampere Hour (Ah)
  • Dimensi (P x L x T): 113 mm x 70 mm x 130 mm

 

Aki R25 Berapa Ampere ??? Ini Jawabannya

Persamaan Aki GTZ8V

Beberapa aki yang sama dengan GS Astra GTZ8V adalah sebagai berikut:

  • Motobatt MBTX7U
  • Yuasa YTZ8V

 

Persamaan Aki Motor R25

Selain dari jenis atau tipe kode akinya, kita juga bisa melihat persamaan aki milik R25 dengan aki milik motor lain. Adapun aki motor R25 sama dengan beberapa motor lain sebagai berikut:

  • Yamaha X-MAX 250
  • Yamaha MT25
  • TVS Apache 200
  • VESPA Sprint 150
  • Honda CBR 250 R

 

Sebelum menutup artikel, kami akan sampaikan terlebih dahulu bahwa aki yang sehat adalah aki yang memiliki voltase bebas (sebelum dipasangkan ke motor) sebesar minimal 12,4 volt. Sedangkan ampere bebasnya adalah yang tertera di aki motor yakni untuk R25 sekitar 7 Ampere.

 

Pastikan kita menggunakan aki yang berkualitas dan memakai aki tersebut dengan penggunaan yang wajar. Misal tidak menggunakan aksesoris kelistrikan yang berlebihan dan lain sebagainya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...