Arti Riding Motor, Ini Penjelasannya Sob !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti riding motor.

 

Banyak istilah luar yang digunakan oleh kaula muda di Indonesia. Masalahnya adalah terkadang istilah atau kosa-kata dari luar negeri tersebut dipadukan dengan bahasa Indonesia dan membuat kita yang awam berfikir selama beberapa menit untuk dapat memahami makna secara keseluruhan.

 

Sebenarnya apa yang akan kita bahas ini bisa dibilang sepenuhnya berasal dari bahasa luar yakni riding motor, namun jika bicara tentang konteks, bisa jadi antara riding dan motor merupakan dua buah kata yang berasal dari region yang berbeda.

 

Ah langsung saja, mari kita bahas mengenai arti riding motor.

 

Arti Riding Motor

Arti Riding Motor, Ini Penjelasannya Sob !!!


Mari kita coba terjemahkan kata riding terlebih dahulu. Riding kata dasarnya adalah ride yakni bila kita terjemahkan artinya adalah mengendarai atau menunggangi. Sedangkan riding (ride tambah imbuhan ing) sendiri merupakan kata untuk menggambarkan aktivitas yang tengah kita lakukan (bisa dimaknai sebagai sedang berkendara).

 

Riding sendiri merupakan kata dalam bahasa Inggris dan karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, maka tidak heran jika banyak kosa-kata dari bahasa Inggris yang digunakan di banyak negara di dunia.

 

Tadi kita sudah membahas mengenai riding, selanjutnya kita bahas mengenai motor. Motor ini cukup universal maksudnya, motor artinya adalah mesin. Dalam bahasa Inggris motor artinya adalah mesin atau penggerak (persamaan katanya dengan engine atau pun machine).

 

Jadi untuk di Indonesia, motor sebenarnya hanya merujuk pada mesinnya saja dan secara lebih lengkap maksud dari kendaraan roda dua yang bermesin dalam bahasa Indonesia disebut sebagai sepeda motor atau secara lebih jelasnya adalah sepeda dengan mesin penggerak.

 

BTW, dalam Bahasa Italia, moto atau mò·to artinya adalah sepeda motor jadi mungkin tidak terlalu melenceng jika di Indonesia sepeda motor hanya disebut motor saja.

 

Jadi arti dari riding motor adalah sedang mengendarai sepeda motor di mana sang pengendara motor disebut sebagai rider.

 

Sebenarnya riding ini kerap digunakan untuk penyebutan tengah berkendara kuda, tapi karena zaman sudah berubah dan kini lebih banyak penunggang sepeda dan sepeda motor, maka tidak salah jika riding juga disematkan untuk aktivitas berkendara motor.

 

Beda Penyebutan Berkendara Motor dan Mobil

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa riding ini lebih erat kaitannya dengan pengendara kuda, itu juga yang menyebabkan banyak istilah di ajang balap MotoGP yang menyerap istilah-istilah dalam dunia balap kuda (seperti pole position).

 

Jika kita tengah berkendara sepeda motor maka sebutannya adalah riding motor (bahasa lebih tepatnya adalah riding a motorcycle), sedangkan ketika kita tengah berkendara mobil penyebutan yang pas adalah driving a car.

 

Sekali lagi, penyematan berkendara sepeda atau sepeda motor ini secara historis memang lebih lekat dengan berkuda (menunggang).

 

So, jadi jika kita tengah motoran dan ingin gaul dikit, boleh lah kita gunakan kosa-kata riding motor meski secara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia merupakan kosa-kata yang tidak tepat.

 

Dalam basaha Indonesia, lebih tepat menggunakan kata berkendara sepeda motor. Sedangkan dalam bahasa Inggris lebih tepat menyebutkan riding a motorcycle atau riding a motorbike.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...