-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

3 Penyebab Busi RX King Basah Oli, Duh Bahaya

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab busi RX King basah oli.

 

RX King adalah salah satu motor bermesin 2 tak yang pernah sukses di Indonesia, bahkan hingga kini saat RX King hanya tersisa unit-unit bekasnya.

 

Banyak kisah yang mengiringi perjalanan RX King di Indonesia sehingga menjadi salah satu motor tersukses dari Yamaha yang pernah di jual di Indonesia.

 

Ngomong-ngomong, salah satu gangguan yang mungkin terjadi pada motor 2 tak seperti RX King adalah busi yang mati karena terbasahi oli.

 

Jika sudah begini, roda dua tunggangan kita pun tidak akan dapat menyala, sebab busi percikan api dari busi terhalang oleh oli dan sistem pembakaran pada ruang bakar pun tidak akan bekerja.

 

https://1.bp.blogspot.com/-Np46CwHu9Js/X6OzFf_wUVI/AAAAAAAAHII/K2Z9E1pAAUsNsgveE1YtOhR2NTLPNs-vwCLcBGAsYHQ/w320-h240/image.png
Source: olx.co.id

Well, apa saja penyebab busi RX King yang basah karena oli?

1. Setelan Oli Samping Terlalu Boros

Yang pertama adalah setelan dari oli samping yang terlalu boros. Banyak yang menyarankan agar setelan oli samping RX King ini dibiarkan standar saja. pasalnya jika dibuat terlalu irit, maka mesin bisa overheat, sedangkan jika dibuat terlalu boros, maka salah satu efeknya adalah busi jadi bisa terbasahi oleh oli samping.

 

2. Takaran Oli Samping Terlalu Banyak

Sembarangan dalam mengisi oli samping juga dapat menyebabkan busi terlalu banyak membakar oli ketimbang membakar bensin.

 

Oleh karenanya, selalu ada pedoman dalam mengisi bahan bakar dan juga mengisi oli samping. Takaran oli samping untuk motor 2 tak sendiri berbeda-beda. Hal ini tergantung pada beberapa poin seperti jenis mesin (standar atau korekan), kubikasi mesin, dan lain sebagianya.

 

3. Keausan Pada Ruang Bakar (Kompresi Hilang)

Penyebab lain dari busi yang terbasahi oleh adalah karena ruang bakar sudah aus atau rusak. di mana jika sudah rusak atau aus, maka sistem pembakaran tidak akan berjalan sempurna karena oli mesin naik ke ruang bakar.

 

Beberapa penyebab dari ruang bakar yang rusak adalah ring seher salah terpasang, ring seher aus, boring atau dinding silinder aus, dan lain sebagainya.

 

Biasanya saat ruang bakar rusak dan kompresi menurun atau bahkan hilang, maka kick starter pun akan ngelos bila dibandingkan dengan kondisi normal.

 

Untuk lebih memahami mengenai penyebab dari oli yang membasahi busi, sebaiknya segera cek motornya ke bengkel terpercaya.

 

Baca Juga6 Penyebab Busi Basah Oli Pada Motor 2 Tak


Sebab jika dibiarkan, bisa jadi tengah ada kerusakan yang fatal yang bisa membuat motor RX King kesayangan kita jadi benar-benar tidak dapat digunakan.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x