-->

Penyebab Aki Tekor Setelah Ganti Bendik / Relay Starter

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab aki tekor setelah ganti bendik atau relay starter.

 

Bendik atau relay starter pada kendaraan bermotor memiliki peranan penting dalam sistem elektronik starter.

 

Bendik ini nantinya akan memantik dinamo starter agar mau bergerak dan menyalakan mesin kendaraan bermotor.

 

Bendik starter sendiri memiliki masa atau usia pakai. Dimana jika sudah sering digunakan selama bertahun-tahun atau mengalami kerusakan karena hubungan arus pendek, maka bendik akan lemah bahkan enggan merespon ketika tombol starter ditekan.

 

Jika sudah demikian, maka opsinya adalah dengan mengganti bendik starter ke bendik starter baru dengan spesifikasi yang sama.

 

Namun meski kita membeli bendik starter yang diklaim berspesifikasi sama, tak jarang bendik ogah untuk bekerja dengan normal dan malah membuat sistem kelistrikan jadi error.

 

Penyebab Aki Tekor Setelah Ganti Bendik Starter

Penyebab aki tekor setelah mengganti bendik starter adalah karena bendik yang tidak sesuai dengan spesifikasi atau bisa juga karena aki yang memang sudah tekor beneran.

 

Di pasaran sendiri, banyak yang menggunakan persamaan bendik starter. Misalnya saja, Byson yang menggunakan bendik dari Xeon atau pun Ninja 250R Fi yang menggunakan bendik dari Byson.

 

Byson sendiri menggunakan bendik dengan sistem rumah sekring. Jadi pada bendik Byson terdapat rumah sekring seperti gambar di bawah ini:

 

Penyebab Aki Tekor Setelah Ganti Bendik / Relay Starter

 

Sekedar informasi, meski penjual mengklaim bendiknya PnP, namun tidak jarang harus ada ubahan agar sistem kelistrikan menjadi normal.

 

Baca JugaApa Arti PNP Dalam Dunia Variasi Motor

 

Singkatnya adalah kami pernah menggunakan bendik Xeon pada Byson dan seketika kelistrikan mati seperti aki tekor (aki normal dan seperti tengah korslet).

 

Apa yang salah? Yang salah adalah bendik Xeon menggunakan sekring yang berbeda dengan sekring yang dipakai oleh Byson.

 

Oleh karenanya, kita harus akali dengan menggunakan sekring bawaan dari motor kita. Jadi kita tinggal tukarkan saja sekring bawaan motor kita dengan sekring bawaan bendik starter yang baru (jika ukuran ampere sekringnya berbeda).

 

Nah meski biasanya error ini dialami oleh bendik starter yang sekaligus menjadi rumah sekring, namun bendik tanpa rumah sekring pun dapat pula mengalami tekor aki.

 

Penyebabnya adalah spek bendik yang terlampau lebih tinggi dari spek bendik bawaan motor. Hal tersebut nantinya dapat memicu pengambilan daya listrik secara berlebihan pada aki dan membuat aki menjadi lebih mudah tekor.

 

Terlebih jika pada awalnya aki kita memang sudah tekor. Mengganti bendik dengan tidak tepat dapat menyebabkan aki jadi lebih mudah tekor.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Pesan Sponsor

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x