-->
★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Apa Itu Grip Pada MotoGP ? Penyebab Pembalap Sering Mengeluh !!!

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai apa itu grip pada MotoGP.

 

MotoGP, salah satu ajang olahraga yang dapat dibilang terdapat banyak masalah kompleks dalam tiap gelaran balapnya.

 

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para riders adalah grip, dimana masalah grip ini menjadi salah satu penyebab kenapa performa riders MotoGP bisa melempem di suatu race atau pun pada suatu lap.

 

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan grip pada MotoGP itu?

 

Arti Grip Pada MotoGP

Apa Itu Grip Pada MotoGP ? Penyebab Pembalap Sering Mengeluh !!!
Quartararo saat di GP Jerez 2021 (01/05/2021)


Arti grip adalah pegangan atau pun cengkraman. Pada MotoGP, grip merujuk pada daya cengkram ban motor dengan aspal. Grip ini penting, sebab dapat berpengaruh terhadap performa motor dan riders.

 

Adapun pada MotoGP sendiri ada beberapa pilihan ban baik yang berkomponen lunak, medium, hingga keras.

 

Beberapa komponen ban tersebut memiliki daya tahan hingga daya cengkram (grip) yang berbeda-beda.

 

Perbedaan tersebut dapat dipengaruhi lagi oleh beberapa faktor, misalnya karena suhu aspal, bobot motor, bobot pembalap, jumlah laps, kecepatan motor, banyaknya pengereman, hingga merek dari ban.

 

Seperti yang kita ketahui, pada beberapa periode, pihak MotoGP akan melakukan kerja sama dengan merek tunggal penyuplai ban motor.

 

Hal tersebut kadang menjadi masalah tersendiri pada motor dan riders, sebab beda merek ban dapat menyebabkan perubahan secara signifikan pada grip.

 

Grip dan MotoGP

Tak dapat dipungkiri bahwa grip pada ban ini benar-benar menjadi masalah klasik. Sebab, terkadang grip pada motor bekerja dengan tidak konsisten.

 

Setidaknya, grip yang baik dapat membuat performa motor bekerja dengan lebih maksimal saat hendak menikung dan saat keluar tikungan.

 

Grip yang buruk yang diakibatkan karena ban yang kurang panas, ban yang terlalu panas, hingga ban yang sudah aus dapat menyebabkan beberapa masalah seperti motor terjatuh baik secara low side maupun high side hingga slip pada ban belakang yang menyebabkan akselerasi tersendat.

 

Baca JugaArti Crash Dalam MotoGp Beserta Jenisnya

 

Beberapa tim dan pembalap kadang mengakali masalah grip ini dengan beberapa cara seperti mengurangi bobot motor, mengurangi bobot pembalap, melakukan mapping, dan menggunakan ban dengan komponen keras (meski ban dengan komponen keras memiliki kekurangan yakni tidak bagus saat laps awal dan memiliki grip yang buruk saat belum panas).

 

Bahkan pihak Dorna Sports sampai melakukan race di waktu malam di wilayah yang suhu aspalnya panas. Wilayah yang kita maksud adalah Losail Qatar.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


x