-->






★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Bosh Rumah Kopling Oblak, Ternyata Ini Penyebabnya !!!

Bosh Rumah Kopling Oblak, Ternyata Ini Penyebabnya !!!
Sumber: tokopedia.com


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dari bosh rumah kopling yang oblak.

 

Rumah kopling pada sepeda motor dengan kopling tipe basah dan manual cukup penting perannya.

 

Rumah kopling ini menaungi kampas kopling dan tetek bengeknya, serta rumah kopling ini juga tersambung dengan primary drive yang menjadi “unsur utama” perindahan putaran dari sistem piston ke sistem transmisi.

 

Biasanya, jika rumah kopling oblak, maka yang jadi penyebabnya adalah karet koplingnya. Baca JugaCara Memperbaiki Rumah Kopling Oblak, Ganti Karet Koplingnya !!!

 

Jadi kerusakan pada bosh rumah kopling ini jarang sekali terjadi. Tetapi meski jarang terjadi, bukan berarti komponen yang satu ini tidak pernah rusak.

 

Bosah rumah kopling yang rusak biasanya ditandai dengan oblaknya bagian rumah kopling tetapi bukan pada bagian primary drive dan rumah koplingnya, tetapi pada bagian keseluruhan komponen rumah kopling yang dilalui oleh bosh rumah kopling.

 

Nah adapun beberapa penyebab dari bosh rumah kopling yang oblak diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Faktor Umur Masa Pakai

Faktor umur atau masa pakai adalah faktor utama dari rusaknya atau oblaknya bosh pada rumah kopling. Sebab komponen bosh sendiri sebenarnya jarang sekali mengalami kerusakan. Jadi salah satu penyebab inti dari kerusakan bosh pada rumah kopling yang oblak adalah masa pakai atau usianya atau umurnya.

 

2. Penggunaan Oli Yang Tidak Tepat

Kekentalan oli yang tidak tepat hingga takaran oli yang kurang banyak juga menjadi penyebab bosh pada rumah kopling jadi oblak.

 

Setidaknya, oli menjadi penyebab komponen pada sistem transmisi motor jadi tahan lama, oleh karenanya jika oli yang dipakai asal-asalan, maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan bagian bosh rumah kopling jadi rusak atau oblak.

 

3. Terjadi Benturan Keras Pada Area Rumah Kopling

Salah satu penyebab benturan keras pada area rumah kopling bisa terjadi karena kesalahan dalam bongkar pasang rumah kopling. Biasanya dalam membuka mur rumah kopling, sering dilakukan dengan memukul-mukul kunci tracker dengan cukup keras.

 

Hal tersebut lambat laun dapat menyebabkan area kopling jadi oblak terutama bagian bearing serta boshing.

 

Tetapi selain benturan karena pemasangan dan pelepasan rumah kopling, penggunaan kopling yang sering dihentak pun dapat menyebabkan rumah kopling jadi oblak.

 

Jadi biasakan gunakan tuas kopling dengan lembut, terlebih dalam kecepatan yang masih rendah.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel