-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

3 Perbedaan Rantai 130L dan 140L

3 Perbedaan Rantai 130L dan 140L
Sumber: tokopedia.com

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan rantai 130L dan rantai 140L.

 

Rantai yang sedang kita maksud adalah rantai pada sepeda motor secara umum yang menghubungkan bagian gear bagian depan dan gear bagian belakang.

 

Rantai sendiri memiliki fungsi untuk meneruskan putaran dari mesin melalui gear depan menuju roda belakang melalui gear belakang.

 

Nah rantai sendiri memiliki beberapa jenis, beberapa jenis rantai tersebut pernah kami tulis pada artikel berikut:

 

Baca Juga10 Jenis Rantai Motor, Sesuaikan Dengan Kebutuhan Sob !!!

 

Adapun untuk sekarang, kami akan coba membahas mengenai perbedaan rantai 130L dan 140L. Apa sajakah perbedaan-perbedaan tersebut?

 

Berikut perbedaan rantai 130L dan 140L:

1. Perbedaan Ukuran

Yang pertama dan yang paling mendasar adalah perbedaan ukuran lebih tepatnya panjangnya. Yups, huruf L di belakang 130 dan 140 merupakan singkatan dari Length atau panjang.

 

Panjang tersebut menujukan jumlah mata yang nantinya ada lagi pembahasaan mengenai ukuran luas matanya.

 

Baca Juga3 Perbedaan Rantai SSS 415 dan 428, Mudah Kok Bedainnya

 

Jadi dapat dikatakan, rantai 140L memiliki ukuran yang lebih panjang dari rantai dengan ukuran 130L.

 

Di pasaran sendiri, kadang huruf L ini tidak dituliskan dan hanya langsung ditulis angkanya saja misal rantai dengan ukuran 428-130 atau 428-140.

 

Panjang yang kita maksud ini dihitung berdasarkan jumlah mata rantainya, terhitung dari mata rantai bagian dalam dan mata rantai bagian luar.

 

2. Perbedaan Peruntukan

Rantai dengan ukuran 130L dan 140L tidak dapat saling tukar tanpa adanya modifikasi. Jika motor kita membutuhkan rantai dengan ukuran 130, maka jangan beli yang ukuran 140 karena akan kepanjangan dan kita harus potong rantainya.

 

Baca Juga5 Perbedaan Rantai 428 dan 428H, Pilih Yang Mana?


Sebaliknya, jika motor kita butuh ukuran rantai sebesar 140, maka jangan berikan yang ukuran 130 karena kita harus menyambung rantai.

 

Jadi sudah pahamkan? Jangan sampai salah beli sob.

 

3. Perbedaan Harga

Dengan jenis rantai yang sama misal sama-sama rantai Heavy Duty dan dari merek yang sama, rantai dengan ukuran 140 akan lebih mahal dari rantai berukuran 130.

 

Kenapa? Ya karena modal untuk membuat rantai berukuran 140L cenderung lebih besar bila dibandingkan dengan rantai berukuran 130L.

 

Jadi buat kalian yang berfikir cari rantai murah lalu memilih rantai berukuran 130L padahal motor kalian membutuhkan rantai berukuran 140L, maka fikiran dan pilihan tersebut tidaklah tepat.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript