-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ukuran Kunci L Bintang Cakram Honda

Ukuran Kunci L Bintang Cakram Honda


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran kunci L Bintang cakram Honda.

 

Kunci L bintang sendiri digunakan untuk membuka baut yang kepalanya berbentuk bulat dengan lubang berbentuk bintang (ada juga yang menyebutnya kembang).

 

Untuk motor Honda keluaran terbaru, biasanya bagian kaliper serta sera piringan cakramnya sudah menggunakan baut dengan kepala yang harus dibuka dengan kunci L bintang.

 

Hal tersebut berbeda dengan motor-motor keluaran lama yang masih menggunakan baut yang harus dibuka dengan kunci L biasa.

 

Pengertian Baut

Sebagai informasi yang sedikit berguna, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai baut  (ya buat nambah wawasan hehe meski mungkin kurang penting wkwk).

 

Baut sendiri memiliki nama lain yakni bolt, dimana baut ini memiliki kepala serta batang yang memiliki ulir. Pasangan dari baut sendiri adalah mur yang mana mur ini memiliki nama lain yakni nut.

 

Baca JugaPerbedaan Baut dan Sekrup Beserta Jenis-Jenisnya

 

Untuk kasus dalam artikel ini yakni baut dalam cakram motor Honda, baut yang digunakan adalah baut yang bernama Hexalobular Hole Bolt.

 

https://1.bp.blogspot.com/-xzXZiim1Ir4/X46FXDsvkiI/AAAAAAAAGlk/1Cl2psNrHUMI1ypKmLGywp7CjbCt4EUfwCLcBGAsYHQ/w400-h400/8.jpg
Sumber: id.misumi-ec.com

Hexalobular Hole Bolt sendiri nampak seperti baut pada umumnya, hanya saja bagian kepalanya memiliki lubang yang mana lubang tersebut memiliki banyak sudut (sering disebut lubang bintang atau lubang kembang).

 

Ukuran Kunci L Bintang Cakram Honda

Untuk motor Honda, kunci L bintang yang dapat digunakan untuk membuka baut carkram adalah kunci L bintang berukuran T40. Jadi ukuran kunci L bintang cakram Honda adalah T40.

 

Kunci L bintang T40 sendiri cukup banyak dijual di toko-toko tools, dan harganya cukup bervariatif (jika malas ke toko, cari saja di aplikasi marketplace. Harganya bervariatif, tetapi untungnya dapat dibeli secara satuan).

 

Oh iya, selain dapat digunakan untuk piringan cakram, kunci L bintang T40 ini juga dapat digunakan untuk membuka baut pada dudukan kaliper motor-motor Honda.

 

Hal tersebut sudah kami buktikan pada motor Honda Sonic 150 hingga Honda Beat Steet.

 

Rekomendasi Kunci L Bintang T40

Nah untuk membeli kunci L bintang T40 pun jangan sembarangan, karena torsi dari baut pada piringan cakram serta pada dudukan kaliper rem ini cukup besar.

 

Takutnya jika menggunakan kunci L bintang T40 yang kurang berkualitas, maka dapat membuat kunci L bintang serta bautnya menjadi slek atau dol.

 

Baca JugaCara Buka Baut Piringan Cakram Agar Tidak Slek

 

Rekomendasi dari kami adalah dengan menggunakan kunci L bintang T40 yang berbahan baku  chrome vanadium (dengan komposisi lebih banyak vanadiumnya).

 

Usahakan beli kunci L bintang yang memiliki standarisasi minimal dari standar industri Jepang. Adapun untuk merek kunci L bintang yang kami rekomendasikan adalah kunci L bintang dengan merek Tekiro (ini bukan endorse, tapi jika kalian mau endorse di sini,, ya silahkan wkwk).

 

Kekurangan Hexalobular Hole Bolt

Hexalobular Hole Bolt atau baut yang dibuka dengan kunci L bintang memang di era sekarang banyak digunakan untuk mengikat piringan cakram serta dudukan kaliper di motor-motor seperti Honda, Yamaha, serta Suzuki.

 

Tetapi dari pandangan kami, baut dengan jenis ini cukup mudah sekali slek atau dol. Hal tersebut tentunya sangat merepotkan karena kami harus banyak bolak-balik ke tukang las serta membeli baut baru dengan model kepala yang berbeda (bahkan baut dengan model Hexalobular Hole satu persatu mulai kami ganti karena untuk membuka memang lebih berpotensi untuk slek).

 

Entah apa yang membuat para pabrikan motor menggunakan baut dengan jenis ini, tetapi jika bisa memilih, kami lebih senang menggunakan baut dengan kepala hexagonal biasa karena dapat dengan mudah dibuka dengan kunci T atau kunci shock.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa. Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript