-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Cara Buka Baut Piringan Cakram Agar Tidak Slek



Cara Buka Baut Piringan Cakram Agar Tidak Slek


Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai cara membuka baut piringan cakram agar tidak slek.


Baut pada piringan cakram baik itu yang bagian depan maupun yang bagian belakang, biasanya cukup susah untuk dibuka.

Terlebih jika sebelumnya baut pada piringan cakram tersebut belum pernah dibuka semenjak keluar dari dealer.

Yang membuat kami kadang menjadi sebal adalah karena baut pada piringan cakram tersebut menggunakan baut yang harus dibuka dengan kuncil L bintang.

Bukannya bagaimana, banyaknya sudut pada kepala baut yang menggunakan kuncil L bintang tak jarang membuat baut jadi mudah slek dan ujung-unjungnya membuat kami harus pergi ke tukang las untuk membuka baut tersebut.

Nah untuk kalian yang ingin atau hendak membuka baut pada piringan cakram, maka simak dahulu tips dari kami agar dapat meminimalisir terjadinya slek pada kepala baut yang mengikat piringan cakram.

Yang pertama yang harus diingat adalah siapkan terlebih dahulu kuncil L yang sesuai dengan kepala baut yang terdapat pada piringan cakram.

Jika ternyata tidak menggunakan kunci L, maka gunakan kunci yang sesuai. Lalu jika menggunakan kunci L, pastikan apakah baut pada piringan cakram menggunakan kunci L hexagonal atau kunci L bintang. Jangan lupa tentukan juga ukuran dari kuncinya agar dapat masuk ke kepala baut.

Baca Juga:



Lalu pastikan gunakan kunci yang berkualitas atau tidak murahan yang dapat menyebabkan slek. Perlu diperhatikan bahwa baut pada piringan cakram cenderung mudah slek terlebih dari pabrikan Yamaha, oleh sebab itu pastikan gunakan kunci yang berkualitas agar meminimalisir terjadinya slek.

Nah sebelum kita membuka baut, usahakan kita pukul-pukul kepala baut pada piringan cakram. Apa gunanya? Gunannya adalah agar lem pada ulir baut di piringan cakram dapat retak dan tidak mengganggu proses pelepasan baut.

Loh kenapa kok ada lem pada baut? Ya, pada ulir baut, pabrikan motor sengaja menanamkan lem agar membuat baut lebih kokoh tertanam.

Tujuannya agar lebih safety saat tengah digunakan jadi bisa meminimalisir terjadinya baut yang copot.

Terlebih piranti rem merupakan hal yang cukup vital, jadi untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka baut biasanya diberi lem agar lebih kuat menancap pada velg atau tempat lain di sepeda motor.

Nah memukul-mukul kepala baut dengan palu cukup pakai perasaan, jadi jangan terlalu keras. Tapi jangan terlalu pelan juga.

Jika sudah dipukul-pukul, maka silahkan coba buka bautnya. Insya Allah akan mudah dibuka. Jika ternyata masih susah dibuka bagaimana? ya pukul-pukul lagi.

Namun jika ternyata kita melakukan kesalahan hingga membuat baut slek, maka opsi terakhir adalah pergi ke tukang las guna minta dibukakan baut yang sleknya.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.


Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript