-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Kelebihan dan Kekurangan Pasang Full Fairing Di Vixion

Kelebihan dan Kekurangan Pasang Full Fairing Di Vixion


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan pasang full fairing di Vixion.

 

Yamaha Vixion merupakan salah satu motor dengan jenis naked dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang dibekali dengan kubikasi mesin terkategori di kelas 150 cc.

 

Yamaha Vixion sendiri sudah masuk ke beberepa generasi dan ada juga dua varian dari Vixion yakni Vixion standar (mesinnya murni untuk Vixion) serta Vixion R yang basic mesinnya berasal dari settingan mesin R15.

 

Yamaha Vixion sendiri menggunakan mesin berkubikasi 149.8 cc yang sanggup memuntahkan 12.2 kW untuk daya terbaiknya yang mampu didapat pada putaran 8500 rpm. Sedangkan torsi terbaiknya mampu didapatkan pada putaran 7500 rpm dengan angka sebesar 14.5 Nm.

 

Mengusik soal Vixion, ada satu hal menarik yang sering terjadi pada Vixion yakni banyak user atau pengguna dari Yamaha Vixion yang sering mengubah tunggangannya ke modifikasi full fairing.

 

Contohnya banyak yang memodifikasi Vixionnya ke konsep Ninja 250, R25, R15, CBR250, serta Yamaha R1.

 

Baca Juga: Tempat Jual Full Fairing dan Body Fiberglass Untuk Byson, Vixion, CB150, Verza, Dll

 

Lalu apakah memodifikasi Yamaha Vixion menggunakan full fairing memiliki dampak buruk? Bagi kalian yang penasaran, mari simak pembahasaannya di sub bab di bawah ini.

 

Kelebihan Pasang Full Fairing Di Vixion

Ada beberapa kelebihan dan menjadi alasan kenapa banyak pengguna Vixion atau motor naked lainnya yang memilih untuk menggunakan konsep full fairing. Kelebihan-kelebihan tersebut adalah sebagai berikut:

 

1. Menambah Aura Motor Modif

Bagi sebagian orang, modifikasi adalah suatu kebanggaan tersendiri. Jadi jangan heran jika ada user motor yang sangat gatal jika melihat motor tunggangannya masih standar pabrik.

 

Dengan memodifikasi motornya menggunakan konsep full fairing, maka tidak heran akan ada rasa puas tersendiri bagi si pengguna.

 

2. Menambah Aerodinamis Motor

Yang kedua adalah menambah aerodinamika pada motor itu sendiri. Jadi saat kita berpacu dengan tunggangan kita, maka motor kita cenderung lebih stabil dalam kecepatan tinggi.

 

Tetapi hal di atas digaris bawahi hanya untuk full fairing yang sudah disetting sedemikian rupa agar mampu bersahabat dengan terpaan angin.

 

3. Menjadi Pusat Perhatian

Yang ketiga adalah menjadi pusat perhatian. Mau tidak mau, motor yang berbeda baik itu yang bagus maupun yang (*maaf) jelek pasti menjadi pusat perhatian di jalan.

 

Tak terkecuali untuk Vixion yang dimodifikasi dengan konsep full fairing. Beberapa hal  yang membuat kami cukup takjub adalah jika di jalan bertemu Vixion yang dimodifikasi ala-ala R1.

 

Kekurangan Pasang Full Fairing Di Vixion

Dibalik kelebihan pasti ada kekurangan, itu adalah hukum yang mutlak bagi manusia tak terkecuali untuk ciptaan manusia yakni motor.

 

Memasangkan full fairing pada Vixion juga memiliki kekurangan tersendiri. Apa sajakah itu? Simak di bawah ini:

 

1. Membuat Mesin Jadi Lebih Panas

Meski Yamaha Vixion sudah menggunakan water cooled sebagai media pendinginan mesin, namun tidak menutup kemungkinan bahwa dengan memasangkan full fairing, maka hal tersebut dapat membuat mesin jadi lebih panas dan membuat radiator bekerja dengan ekstra untuk menormalkan suhu mesin.

 

2. Menambah Bobot Motor

Well, ini adalah salah satu kekurangan yang mau tidak mau pasti dialami oleh motor naked yang diberi fairing. Sekedar informasi saja, kami sendiri merupakan pengguna Yamaha Byson yang menggunakan full fairing dari fiberglass untuk Byson kami.

 

Dan satu set bodi fiberglass bermodelkan R25 sendiri kurang lebih bisa berbobot 20 Kg – 25 Kg. Jadi sudah jelas bahwa memasangkan fairing dapat menambah bobot motor dan tentunya untuk speed jadi sedikit terganggu.

 

Untuk mengurangi bobot, kita dapat gunakan bodi motor dengan bahan baku plastik ABS atau dengan bodi yang berbahan baku carbon. Tapi kedua jenis bodi motor tersebut tentunya memiliki kelemahan yakni berharga lebih mahal.

 

3. Harus Mengeluarkan Uang

Yang ketiga adalah kita harus mengeluarkan uang. Yips, memodifikasi itu tidak ada yang gratis dan memodifikasi full fairing pada motor naked tidaklah murah.

 

Minimal kita harus siap uang sekitar Rp. 3.000.000-an untuk dapat memodifikasi full fairing pada motor dengan jenis naked.

 

Harga di atas dapat lebih mahal tergantung dengan kualitas bahan baku, kualitas cat, dan lain sebagainya.

 

4. Membutuhkan Keuletan Dalam Memasangkan Full Fairing

Motor naked tidak dibekali dengan braket atau dudukan untuk dipasangi fairing. Itu sebabnya kita harus membuat sendiri breket atau dudukan untuk fairing yang hendak dipasangkan.

 

Meski kita sudah memasangkan fairing pada bengkel, namun bukan berarti motor naked yang dimodif full fairing akan terbebas dari masalah.

 

Baca Juga: Tips dan Cara Memasang Fairing Motor Agar Tidak Bergetar

 

Dari apa yang kami alami, motor naked yang dijejali dengan fairing dengan pemasangan yang kurang tepat dapat membuat fairing mudah goyang hingga bergetar saat digunakan di jalanan yang tidak rata.

 

5. Secara Psikologi, Akan Membuat Kita Minder

Jika modifikasi yang kita anut adalah modifikasi dengan fairing model Ninja 250, R25, CBR250 dan motor pasaran lain, tentu mau tidak mau ada satu hal yang akan membuat kita minder.

 

Hal yang membuat kita minder adalah jika saat di lampu merah, atau saat di parkiran, atau saat di jalan kita berpapasan dengan motor asli dari R25, Ninja 250, atau CBR250, atau motor lain yang kita tiru.

 

Tidak percaya? Coba rasakan sendiri hehe. Saran kami sih, gunakan model full fairing yang tidak ada di pasaran. Misal dengan menggunakan fairing model motor prototype seperti di tautan link di bawah ini:

 

Baca Juga: Yamaha Byson Modif Full Fairing Ala M1 GP 2019

 

6. Rentan Dibully atau Dirundung

Selanjutnya adalah kita akan jadi sasaran empuk pembully. Motor yang meniru motor lain sering jadi sasaran “kekejaman” netizen +62.

 

Analoginya adalah motor yang bagus dan hedon saja bisa kena bully, apalagi motor yang modifikasinya kurang bagus atau kurang rapih.

 

7. Kualitas Fairing Yang Kurang Baik

Kekurangan ini dapat terjadi apabila kita memberi fairing yang murahan sehingga berakibat fairing menjadi cepat retak-retak atau catnya mudah pudar.

 

Oleh sebab itu, jika kita hendak menggunakan full fairing pada motor naked, maka pastikan kualitas dari full fairing tidak terlalu buruk.

 

8. Motor Dapat Tidak Stabil Saat Diterpa Angin

Pada sub bab kelebihan, kami sempat sebutkan bahwa full fairing dapat menambah aerodinamika. Namun hal tersebut berlaku bila full fairing memang sudah disetting sedemikian rupa.

 

Bila full fairingnya “asal jadi”, maka saat ada angin dari kiri atau kanan, terpaan angin begitu terasa dan dapat membuat motor seolah berat sebelah.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript