-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Herex Adalah ??? Simak Tuntas Di Sini !!!

Herex Adalah ??? Simak Tuntas Di Sini !!!
Sumber: Facebook/ Sedulur Herex


Satupiston.com
– Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari Herex.

 

Artikel ini sendiri merupakan pengembangan dari artikel sebelumnya yakni:

 

Baca JugaArti Motor Herex

 

Nah dalam artikel sebelumnya kami hanya fokus pada motor herex, sedangkan penjabaran dari kata herex-nya sendiri belum begitu dalam.

 

Dalam artikel ini, meski mungkin tetap tidak dalam, kami akan coba paparkan kembali mengenai pengertian dari herex.

 

Sejarah Herex

Dari beberapa sumber, dapat diketahui bahwa herex ini cukup punya sejarah yang panjang sehingga akhirnya bisa cukup terkenal seperti sekarang.

 

Banyak pula pendapat yang bertebaran mengenai apa itu herex sehingga cukup susah juga untuk kami ambil benang merahnya.

 

Namun dari beberapa pendapat, kami coba ringkas dan urutkan sehingga nanti kita ambil kesimpulannya.

 

Dilansir dari motorupdate.net, diduga kuat herex pertama kali muncul di daerah Madiun Jawa Timur. Penyematan nama motor herex digunakan pada motor yang dimodifikasi dengan membuat shock depan menjadi lebih panjang dengan bantuan peninggi shock depan serta pemberian stang jepit ataupun stang acerbis.

 

Pada referensi lain, disebutkan pula bahwa herex ini merupakan suatu singkatan yang merujuk pada Honda Exciting Rider Extreme.

 

Herex Adalah ??? Simak Tuntas Di Sini !!!
Sumber: rantai-kampret.blogspot.com

Hal tersebut dapat kita temui pada situs brainly.co.id yang mana terdapat diskusi yang menjabarkan seperti demikian:

 

Herex itu singkatan dari honda exciting rider extreme, jadi ga ada yg namanya herex fu herex vixion / herex apapun itu selain motor pabrikan honda

 

Namun pada beberapa referensi lain, herex sudah berkembang tidak hanya terbatas pada acuan motor-motor dari pabrikan Honda.

 

Seperti apa yang kami kutip dari otoinfo.id sebagai berikut:

Herex awalnya memang didominasi keluarga GL and friend, cuma sekarang FU mulai menggebrak, belum lagi motor-motor injeksi. Patut dicatat, Herex itu ajakan untuk adu setting mesin antar teman, setelah mesinnya digarap, bisa sesama bengkel atau berbeda. Mainnya itu biasanya 1200 m, cuma dirasa cari lintasan itu susah, sekarang dimusimkan trek 500 m,”  -Swega

 

Point yang dapat kita ambil adalah bahwa, mungkin herex pada awalnya mengindentifikasikan komunitas Honda Exciting Ride Extreme, namun lambat laun ciri khas motor-motor dari komuntias tersebut mulai menggeneralisasikan pada kegiatan secara keseluruhan dari pengguna motor tersebut.

 

Herex sendiri biasanya melakukan balapan dengan jalur sepanjang 1200 m, yang mana herex sendiri membalapkan motor-motor yang sudah dilakukan penyetingan atau dalam artian merupakan motor yang bukan standar.

 

Jadi asumsi kita sekarang adalah Herex awalnya adalah suatu kegiatan dari suatu komunitas yang mana kegiatan tersebut adalah balapan dengan menggunakan motor-motor naked dari Honda (biasanya motor jadul) yang sudah dimodifikasi.

 

Lambat laun, herex mulai terkenal dan secara umum definisi pun berubah pada “kegiataannya” dan bukan lagi pada komunitas atau kelompoknya.

 

Ciri-Ciri Motor Herex

Herex Adalah ??? Simak Tuntas Di Sini !!!
Sumber: Facebook/ Sedulur Herex

Sebelumnya telah disinggung mengenai ciri-ciri dari motor herex. Pada awalnya motor-motor herex memiliki ciri menggunakan motor naked dari Honda yang menggunakan stang acerbis atau stang jepit, menggunakan mesin yang sudah di-tune up, menggunakan velg jari-jari, hingga menambahkan penginggi shock depan.

 

Namun motor herex lambat laun juga merujuk pada motor-motor di luar Honda misal Satria F150 dari Suzuki hingga Vixion dari Yamaha.

 

Pada intinya motor herex kini merujuk pada motor yang disetting untuk kecepatan dan dibuat untuk keperluan balapan baik itu secara liar maupun tidak liar.

 

Oh iya, lambat laun motor herex juga tidak identik dengan ban cacing. Hal tersebut karena kini sudah cukup banyak motor-motor untuk keperluan herex (kecepatan) yang menggunakan ban berukuran standar (lebih besar dari ban cacing) dan tidak kecil.

 

Kesimpulan

Herex pada mulanya adalah penamaan pada Honda Exciting Rider Extreme, namun lambat laun herex pun berubah makna dan secara umum dapat dimaknai sebagai aliran motor untuk keperluan balapan.

 

Kini motor-motor herex pun tidak terfokus pada motor-motor Honda semisal Mega Pro, Tiger, Verza, GL series, dan sejenisnya.

 

Motor-motor non Honda pun sudah mulai banyak dibuat untuk kebutuhan herex.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript