-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Tanda Kampas Kopling Motor Harus Diganti

Tanda Kampas Kopling Motor Harus Diganti

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai tanda kampas kopling motor harus diganti.

 

Kopling motor yang kita bahas adalah kopling motor yang digunakan oleh motor dengan jenis kopling basah yakni motor dengan jenis kopling semi otomatis (contohnya Supra X, Vega, dan Smash dan sejenisnya) dan motor dengan jenis kopling manual (MX King, Supra GTR, Vixion, CB150, dan sejenisnya).

 

Kampas kopling sendiri memiliki fungsi yang mulia pada motor yakni menjadi penghubung putaran dan pemutus putaran dari mesin ke transmisi. Demi tercapainya tujuan tersebut, kampas kopling harus rela tergesek dan lambat-laun menjadi terkikis dan habis.

 

Jika kampas kopling sudah habis, maka opsinya adalah dengan diganti dengan kampas kopling yang baru. Hal tersebut mutlak dan tidak dapat ditawar demi menjaga komponen lain seperti plat gesek, kaki empat, serta lawan kaki empat agar dapat tetap awet.

 

Baca Juga: Penyebab Kopling Motor Slip

 

Lalu tanda kampas kopling motor yang harus diganti karena aus seperti apa? Berikut kami paparkan di bawah ini:

 

1. Tenaga Motor Tertahan Di Putaran Bawah Saat Mengoper Gigi

Yang pertama adalah tenaga motor tertahan di putaran bawah saat kita tengah mengoper gigi. Hal ini sering disebut sebagai selip kopling. Penyebabnya adalah karena kampas kopling sudah mulai aus sehingga tidak bekerja dengan baik saat kita tengah mengoper gigi. Biasanya ciri-ciri yang ini disertai dengan raungan motor yang cukup berisik tapi motor tidak kunjung berlari.

 

2. Motor Tertahan Di RPM Tinggi

Tandanya adalah ketika melakukan tarikan gas motor secara spontan atau langsung, maka motor malah selip di RPM tinggi. Ini juga merupakan salah satu tanda kampas kopling harus segera diganti. Jika normalnya motor yang digas secara langsung akan langsung berlari, maka saat kampas kopling minta diganti, maka mesin motor malah meraung sedangkan laju motor tertahan.

 

3. Sulit Mengoper Gigi

Ini juga merupakan salah satu ciri kampas kopling yang mulai aus sehingga celah gerak bebas kopling sulit untuk diatur. Jika kalian sulit memindahkan gigi atau dalam bahasa lebih sederhananya saat kalian mengoper gigi rasanya sulit masuk karena keras, maka kampas kopling kalian harus segera dicek karena diduga sudah habis.

 

4. Setelah Mengoper Gigi, Motor Menghentak Secara Tidak Wajar

Bahasa lainnya adalah motor loncat saat mengoper gigi. Jadi perpindahan gigi tidak lembut atau halus. Biasanya ciri-ciri yang ini dialami oleh motor dengan jenis kopling semi otomatis seperti Supra Fit, Supra X, Vega, Jupiter Z1, Smash, dan motor berkopling semi otomatis lain.

 

5. Top Speed Berkurang

Karena akselerasi mesin sering tertahan yang disebabkan oleh kampas kopling yang tidak bekerja dengan baik, maka sudah barang tentu top speed akan berkurang. Biasanya top speed akan berkurang secara signifikan. Misal pada jarak 100 meter kita bisa menorehkan top speed sekitar 100 Km/ Jam, maka saat kampas kopling aus dan selip, top speed dengan jarak yang sama mungkin hanya akan tercatat sekitar 60 -70 Km/ Jam.

 

6. Mesin Lebih Mudah Panas Terutama DI Area Blok Kopling

Saat kampas kopling sudah aus, maka yang tersisa hanya kepingan logam yang sudah gundul tanpa adanya kampas lagi. Jadi jika logam bertemu logam maka kemungkinan terjadinya panas berlebih akan semakin besar. Ilustrasinya seperti kampas rem cakram habis namun tetap dipaksa dilakukan pengereman pada piringan cakram (hasilnya pasti piringan cakram jadi lebih panas).

 

7. Engkol/ Kick Starter Ngelos

Kick starter atau engkol atau selahan akan ngelos jika kampas kopling sudah aus. Jika biasanya engkol motor akan terasa keras terutama pada motor-motor Honda, maka saat kampas kopling sudah aus dan memberikan celah yang besar pada sistem kopling, maka engkol atau kick starter ini pun akan ikut terpengaruh dengan kehilangan “fungsinya”.

 

Nah itu dia beberapa tanda kampas kopling yang harus diganti. Ingat mending bermodal ganti kampas kopling yang harganya puluhan hingga ratusan ribu dari pada nunggu ganti satu set rumah kopling dengan kampas koplingnya yang berharga hingga setengah juta hingga jutaan rupiah.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript