-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Spek Tiger Revo, Motor Yang Sempat Jadi Primadona

 

Spek Tiger Revo, Motor Yang Sempat Jadi Primadona
Sumber: id.wikipedia.org


Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai spek atau spesifikasi dari Tiger Revo.

 

Sekilas Tentang Tiger Revo

Tiger Revo merupakan motor naked berkubikasi 200 cc yang sempat dirakit dan dipasarkan oleh Astra Honda Motor (AHM). Untuk sekarang sendiri, Honda Tiger Revo ini sudah tidak dirakit dan dijual lagi oleh Astra Honda Motor.

 

Tiger Revo sendiri memiliki kepanjangan yakni Tiger Revolution Cruiser. Motor yang satu ini eksis dari bulan Oktober 2006 hingga November 2008 sebelum pada akhirnya digantikan atau diteruskan oleh Tiger New Revolution Cruiser.

 

Honda Tiger Revo sendiri diproduksi dengan dua pilihan yakni pilihan dengan menggunakan velg jari-jari atau menggunakan velg cetak palang.

 

Baca Juga: Arti Motor Cruiser

 

Di eranya, motor Tiger Revo ini menjadi salah satu primadona bagi kaula remaja yang mungkin sekarang sudah jadi bapak-bapak.

 

Wajar jika banyak yang mengagumi Honda Tiger Revo, dengan desain yang gagah dan macho, motor yang satu ini juga turut dibekali dengan kubikasi mesin sebesar 200 cc yang terbilang cukup besar di eranya.

 

Spek Tiger Revo

Tiger Revo dilengkapi dengan kubikasi mesin sebesar 196.9 cc yang sanggup memuntahkan power terbaiknya di angka 17.4 Ps pada putaran 8.500 Rpm, sedangkan torsi terbaiknya adalah sebesar 1.62 Kg.m pada putaran 6.500 Rpm.

 

Mesin dari Honda Tiger Revo ini mengusung mesin 4 langkah SOHC berpendingin udara dan masih menggunakan sistem pengabutan dengan jenis karburasi.

 

Nah spesifikasi lengkap mengenai Honda Tiger Revo kami sajikan pada tabel di bawah ini:

 

Mesin

Tipe Mesin

4 Langkah SOHC, Pendingin Udara

Volume Silinder

196.9 cc

Daya Maksimal

17.4 PS / 8.500 rpm

Torsi Maksimal

1.62 Kg.m / 6.500 rpm

Sistem Bahan Bakar   

Karburator

Transmisi       

Manual 6 percepatan

Tipe Starter

Electric dan Kick

Dimensi

P x L x T

1.990 x 742 x 1.035 mm

Jarak Sumbu Roda

1.327 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

155 mm

Tinggi Tempat Duduk

740 mm

Berat Kosong  

138 kg

Kapasitas Tangki Bahan Bakar          

13 liter

Rangka

Tipe Kerangka

Pola Berlian/ Diamond

Suspensi Depan

Telescopic

Suspensi Belakang     

Swing Arm, Double Shock

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban Depan

2,75 – 18 – 42L

Ukuran Ban Belakang

100/90 – 18 – 47P

Kelistrikan

Sistem Pengapian

CDI Magneto

Battery

12V-7Ah

Busi

NDX24FS-U9/NGKDP8EA9

 

Penyebab Honda Tiger Revo Tidak Lagi Dijual

Menarik jika kita menduga-duga kenapa Honda Tiger Revo sudah tidak dijual lagi oleh Astra Honda Motor. Namun dari analisa kami, ada beberapa faktor yang menyebabkan Honda Tiger Revo dipaksa dimatikan oleh Astra Honda Motor, berikut kami paparkan di bawah ini analisanya:

 

1. Segmen motor sport 200 cc yang peminatnya menurun. Hal tersebut karena trend pasar saat ini  tengah condong ke kelas 150 cc atau 250 cc.

 

2. Teknologi pada Honda Tiger Revo yang cenderung kurang modern sehingga memberikan stigma bahwa era motor 200 cc dengan mesin “GL Series” sudah padam. Trend pasar saat ini lebih menyukai motor yang memiliki teknologi terbarukan misal mesin injeksi, monoshock pada suspensi belakang, dan lain sebagainya.

 

Beberapa Part Tiger Revo Yang Masih Diburu

Faktanya, meski saat ini Honda Tiger Revo sudah tidak dirakit dan dijual oleh Astra Honda Motor, namun ada beberapa komponen atau part dari Honda Revo yang sering diburu untuk diaplikasikan pada motor lain.

 

Part apa sajakan itu? Berikut kami ringkas pada paparan di bawah ini:

 

1. Karburator, salah satu komponen yang banyak dicari adalah karburator dari Honda Tiger Revo yang nantinya akan diaplikasikan pada motor-motor berkubikasi 150 cc seperti Byson, Fu, dan lain sebagainya. Alasannya sudah jelas, lubang venturi dari karbu Tiger Revo cukup besar serta kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

 

2. Stang, komponen kemudi ini jadi buruan para penggila motor klasik karena desain dari stang Tiger Revo ini sangat klasik dan cenderung old school.

 

3. Headlamp, headlamp atau lampu kepala yang bundar milik Honda Tiger Revo juga jadi buruan para pecinta motor street fighter. Alasannya sederhana, selain klasik, headlamp milik Honda Tiger Revo juga mudah diaplikasikan di beberapa motor lain sebut saja sering diaplikasikan pada Yamaha Byson.

 

4. Knalpot. Nah knalpot dari Tiger Revo yang memiliki bentuk cukup besar dan suaranya “khas” juga tak jarang banyak diincar oleh pecinta motor modifikasi.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

bola-bola susu murah

 


Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript