Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Nmax 155

Daftar Isi [Tampil]


Satupiston.com – Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai letak nomor rangka dan nomor mesin dari motor Nmax 155.


Nmax 155 merupakan skuter metik gembot dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), motor Nmax 155 sendiri merupakan motor yang tengah tren saat artikel ini ditulis.

Ya bayangkan saja, segmen street fighter yang beberapa tahun menjamur seolah termakan oleh tren dari skuter metik bongsor dari Yamaha Nmax 155.

Penjualan Yamaha Nmax 155 ini memang terbilang cukup fenomenal, mungkin masyarakat Indonesia sudah mulai jenuh juga ya dengan motor street fighter 150 cc ataupun dengan motor metik yang desainnya itu-itu saja.

Makanya, ketika Yamaha Nmax 155 ini muncul seolah menjadi angin segar bagi masyarakat yang menyukai motor stop and go tetapi dengan penampilan yang lebih garang.

Kembali pada topik pembahasan yakni soal nomor rangka dan nomor mesin dari Yamaha Nmax.

Letak Nomor Rangka dan Mesin Nmax 155

Letak nomor rangka Nmax 155  berada di bawah jok bagian belakang. Sedangkan letak nomor mesin Nmax 155 berada di bawah blok mesin sebelah kiri.

Nomor rangka dan nomor mesin sendiri merupakan kumpulan huruf yang dikombinasikan. Jadi jika pada area yang sudah disebutkan di atas terdapat kumpulan huruf dan angka, maka itu adalah nomor rangka dan mesinnya.

Nomor Rangka Nmax 155

Letak nomor rangka Nmax 155 seperti nomor rangka pada motor metik kebanyakan. Untuk melihat posisinya, kita harus membuka jok dan simak baik-baik rangka di bawah jok seperti gambar di bawah ini:
Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Nmax 155
Nomor rangka Nmax 155. Sumber: Youtube/ Mi Hobby Channel

Sekali lagi, nomor rangka sendiri merupakan kumpulan huruf dan angka yang dikombinasikan yang terpahat pada rangka itu sendiri.

Nomor Mesin Nmax 155

Untuk melihat di mana letak nomor mesin Nmax 155, kita harus lihat bagian bawah CVT, tepatnya ada di bagian yang dekat dengan standar dua seperti gambar di bawah ini:

Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Nmax 155
Nomor mesin Nmax 155. Sumber seperti gambar di atas

Yang membedakan nomor mesin dari Nmax dengan nomor mesin dari skuter metik lain adalah letaknya. Dimana Nmax ini letak nomor mesinnya dekat dengan kipas pada bagian CVT, sedangkan pada motor metik lain biasanya nomor mesinnya terletak pada bagian ujung CVT (terutama motor metik Honda).

Nomor rangka dan nomor mesin sendiri merupakan kombinasi huruf dan angka, artinya jika pada bagian yang telah disebutkan tadi terdapat sekumpulan huruf dan angka, maka dapat disebutkan bahwa sekumpulan huruf dan angka tersebut merupakan nomor rangka dan nomor mesin.

Untuk lebih memastikan, silahkan samakan saja nomor mesin dan nomor rangka yang terdapat pada STNK dengan nomor mesin dan nomor rangka yang terdapat pada sepeda motor.

Simak lebih lengkap di bawah ini:



Pentingnya Mengetahui dan Menjaga Nomor Rangka serta Mesin Nmax 

Penting bagi kita untuk menjaga keutuhan nomor rangka dan nomor mesin dari Yamaha Nmax 155. Ini tidak terlepas dari nomor rangka dan mesin jadi identitas motor itu sendiri.

Alasan kenapa nomor rangka dan nomor mesin ada di BPKB dan STNK serta unit motor adalah karena ini jadi satu-kesatuan identitas motor yang diproduksi.

Terlebih tiap lima tahun sekali, kita harus cek fisik termasuk mencocokan nomor rangka dan mesin pada unit motor dan yang ada di STNK serta BPKB di Samsat.

Cek fisik ini bertujuan agar kita bisa mendapatkan TNKB atau tanda nomor kendaraan bermotor atau plat nomor baru.

Jadi jangan sampai kita memodifikasi motor hingga membuat nomor rangka dan nomor mesinnya tidak terlihat lagi dengan jelas atau bahkan sampai hilang.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)