★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Penyebab Velg Motor Geol



Penyebab Velg Motor Geol



Satupiston.com - Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab velg motor geol.


Geol pada velg motor adalah suatu kondisi dimana velg motor berputar secara tidak rata atau oleng. Geol pada velg motor cukup menggangu handling pada sepeda motor.

Oleh karena itu, jika terjadi oleng atau geol pada velg motor, maka harus segera diperbaiki demi kenyamanan dalam berkendara sepeda motor.

Selain itu, jika kondisi geol pada velg motor dibiarkan, maka dikhawatirkan ada komponen lain yang ikut rusak, sebut saja rantai serta swing arm.

Rantai bisa aus karena bekerja secara tidak simetris, sedangkan swing arm bisa oblak karena terus menahan goncangan pada bagian velg.

Nah ada baiknya untuk mencegah terjadinya geol pada velg motor dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab-penyebab dari velg yang  geol pada sepeda motor.

Adapun penyebab velg motor geol adalah sebagai berikut:

1. Laher atau Bearing Roda Oblak


Yang pertama adalah laher atau bearing roda yang oblak. Ini merupakan hal pertama yang musti dicek. Pada roda sepeda motor bagian depan terdapat 2 laher, sedangkan pada laher roda bagian belakang terdapat 2 laher juga ditambah dengan 1 laher pada bagian gear (untuk motor non metik). Cara mengecek laher roda yang oblak cukup mudah, kita cukup goyangkan saja velg ke arah kanan dan kiri menggunakan tangan, jika ketika digoyangkan ternyata ada gerakan tambahan dari velg, maka sudah dapat dipastikan ada laher pada roda yang sudah oblak.

2. Ring Velg Bengkok


Selanjutnya adalah ring velg yang bengkok. Biasanya hal ini sering terjadi pada velg jari-jari, terlebih pada velg jari-jari yang sering menerjang lubang di jalanan. Bila ring velg bengkok karena benturan, maka kita harus melakukan pres velg. Namun jika dirasa ring velg bengkok karena jari-jari yang kendor, maka kita harus stelkan ulang jari-jarinya.

3. Tromol Velg Bengkok


Selanjutnya adalah tromol velg yang bengkok. Disadari atau tidak, tromol ini menjadi tumpuan bagi suatu roda pada sepeda motor. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tromol velg jari-jari yang bengkok, silahkan baca artikelnya: Penyebab Velg OlengKarena Tromol. Cara mengatasi velg motor bengkok adalah dengan cara ganti baru.

Nah poin-poin di atas merupakan sumber yang menyebabkan velg menjadi geol. Adapun penyebab utama dari velg motor yang geol adalah karena penggunaan motor pada medan bergelombang yang tidak rata dengan kecepatan tinggi (tidak pelan). Selain itu, membawa beban berlebih atau beban berat juga dapat menyebabkan velg pada motor dapat dengan mudah menjadi geol.

Oleh karenannya, jika ada lubang atau jalanan yang dilalui adalah jalan berbatu, maka kita dianjurkan untuk mengurangi kecepatan.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.


Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript