-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Pasang Oil Cooler Di Yamaha Byson, Cukup Rogoh Kocek 1 Jutaan



Satupiston.com -  Assalamu’alaikum, kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai pasang oil cooler di Yamaha Byson.


Yamaha Byson baik itu yang sistem karbu maupun yang sistem injeksi, sama-sama tidak dibekali dengan sistem pendingin cairan.

Keduanya masih menggunakan sistem pendingin udara yang terlampau sudah ketinggalan zaman hehe (mungkin untuk menekan biaya produksi).

Bagi yang motornya standar ting-ting, sistem pendingin udara sudah sangat cukup untuk Yamaha Byson. Namun jika motornya terdapat ubahan seperti menambah bodi fiber atau plastik pada area mesin atau melakukan ubahan pada sektor mesin seperti melakukan bore up atau oversize, maka pemasangan oil cooler ini bisa jadi pilihan untuk mendinginkan mesin.

Pada sistem pendingin mesin dengan media oli, kontruksinya lebih rumit dari sistim pendinginan mesin dengan media udara. Pada pendingin mesin dengan media oli, oli ditugaskan untuk mendinginkan mesin dan disalurkan pada bagian-bagian mesin.

Proses pendinginannya dilakukan pada benda kotak bersirip yang dinamakan dengan oil cooler. Motor yang menggunakan sistem pendinginan oli ini salah satunya adalah Suzuki  Satria F150 lama. Sistem pendinginan dengan media oli ini lebih baik dan efektif ketimbang dari sistem pendinginan mesin dengan media udara.

Nah perlu diingat ya sob, bahwa sistem oil cooler ini berbeda dengan sistem radiator. Sistem oil cooler menggunakan oli mesin yang didinginkan melalui sirip sebagai media pendinginnya. Sedangkan radiator menggunakan cairan pendingin mesin khusus.

Kembali ke topik utama mengenai pasang oil cooler pada Yamaha Byson. Sekarang sudah banyak di marketplace soal oil cooler untuk Yamaha Byson.

Memang bukan produk asli dari Yamaha, melainkan produk akal-akalan hehe. Yang banyak ditemukan adalah oil cooler Suzuki Fu yang didesain sedemikian rupa agar bisa dipergunakan untuk Yamaha Byson.

Pasang Oil Cooler Di Yamaha Byson, Cukup Rogoh Kocek 1 Jutaan
Sumber: bukalapak.com

Nah untuk paketan oil cooler tinggal pasang seperti gambar di atas, kita cukup merogoh kocek satujutaan dan belum termasuk ongkos pasang.

Produknya sendiri jika kami perhatikan tinggal pasang saja dan kita harus mengganti tutup filter oli bawaan dari Yamaha Byson dengan tutup filter oli yang tersedia pada paketan oil cooler.

Jika kalian merasa oil cooler dari Satria Fu terlalu kecil, maka kalian bisa mengganti oil coolernya dengan menggunakan oil cooler milik Viar Karya.

Note: oil cooler yang dimaksud adalah bagian sirip yang berfungsi untuk mendinginkan oli. Punya Suzuki Satria Fu memang terlihat lebih kecil, sedangkan milik Viar Karya ukurannya lebih besar.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript