-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Penyebab Rantai Motor Kendur Kencang



Penyebab Rantai Motor Kendur Kencang

Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab rantai motor kendur kencang. Nah rantai yang kita maksud adalah rantai yang menghubungkan antara putaran mesin menuju putaran roda.


Karena rantainya memiliki peran menyalurkan putaran dari mesin ke roda, maka tentunya rantai ini memiliki peranan cukup penting dalam menjaga performa akselerasi sepeda motor.

Sama seperti komponen lain dalam sepeda motor, terkadang ada kalanya rantai ini perlu dilakukan perawatan, karena jika tidak, kemungkinan akan ada masalah yang menghinggapi rantai sepeda motor.

Salah satu masalah yang kerap dialami oleh pemotor adalah rantai yang kendur kencang. Maksudnya adalah pada saat kita memutar roda belakang, pada satu posisi rantai terlihat sangat kendur tetapi pada posisi lain rantainya begitu kencang atau keras bahkan membuat roda sulit berputar.

Hmm kenapa ya? Sekedar informasi saja sob, dulu kami juga mengalami masalah tersebut pada motor Viar Star Cx kami.

Awalnya kami biarkan, tetapi pada akhirnya kami perbaiki karena pada akhirnya bearing roda remuk dan rantai putus hehe.

Lalu apa sih penyebab rantai kendur kencang?

Sebenarnya rantai kendur kencang itu biasa dan wajar, bahkan pada motor baru termasuk pada motor balap sekelas Moto Gp. Bila kalian tidak percaya silahkan kalian baca kembali buku manual sepeda motor kalian dan simak dengan seksama aturan pengencangan rantai.


Pada anjuran pengencangan rantai, biasanya yang jadi tolak ukur adalah rantai pada saat posisi sedang kencang. Artinya bila kita hendak mengencangkan rantai, gerak bebas yang diukur harus rantai yang dalam keadaan kencang dan bukan rantai dalam keadaan kendur.

Namun rantai kencang kendur juga ada batas toleransinya, jadi jika kencang kendurnya sangat ekstrim yakni ketika pada suatu posisi sangat kendur dan pada posisi yang lain membuat roda sulit berputar, maka kencang kendur pada rantai yang seperti itulah yang berbahaya bagi kita.

Penyebabnya berbagai macam, dan kali ini kita akan bahas bersama.

1. Bearing atau Laher Roda Belakang Oblak

Yang pertama yang harus diperiksa adalah keadaan bearing atau laher roda belakang. Karena jika sampai laher roda belakang oblak, maka velg akan geol atau berputar tidak simetris, hal tersebut pula akan menyebabkan gir belakang menjadi tidak simetris dan membuat rantai kencang kendur.

2. Bearing atau Laher Nap Gir Oblak

Selanjutnya adalah laher pada nap gir. Selain pada velg belakang, laher juga tersemat pada nap gir atau rumah gir. Sama seperti kasus di atas, jika laher pada nap gir oblak, maka kemungkinan gir akan berputar dengan tidak simetris dan membuat rantai kendur kencang.

3. Bosh serta Bearing Swing Arm Oblak

Selanjutnya adalah bosh serta bearing swing arm yang oblak. Nah ini juga biasanya jadi kendala yang menjadi penyebabkan rantai kendur kencang. ciri-ciri bosh atau laher pada swing arm yang oblak bisa kalian baca pada artikel berikut.

4. Gir Sudah Aus dan Bengkok

Selanjutnya adalah kondisi gir yang sudah aus bahkan sudah bengkok. Ini merupakan salah satu faktor yang banyak dialami yakni gir yang sudah bengkok. Jika gir sudah tidak rata kemiringannya, maka sudah pasti rantai akan ikut kendur kencang sesuai dengan kondisi gir.

5. Rantai yang Sudah Aus

Selanjutnya adalah rantai yang sudah aus. Ini juga menjadi faktor yang banyak terjadi terutama bagi rantai yang sudah puluhan ribu kilometer digunakan dan tanpa pernah diganti. Rantai sendiri memiliki masa pakai yakni hingga 30.000 Km, jadi jika sudah lebih dari 30.000 dan rantai jadi kendur kencang, maka kalian boleh curiga pada komponen yang satu ini.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, sebetulnya masih ada faktor lain yang menyebabkan rantai motor kendur kencang. Misalnya saja tromol yang oleng, velg yang oleng, hingga swing arm yang bengkok. Namun hal-hal tersebut jarang dialami, sehingga tidak kami bahas secara lebih mendalam. Namun ketiga opsi terakhir tersebut dapat kalian cek bila rantai yang kendur kencang tak kunjung sembuh. Sampai jumpa dan Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript