-->


★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Penyebab Aki Motor Kembung



Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dari aki motor kembung.


Sob, aki pada motor merupakan suatu wadah bagi arus dan tegangan listrik yang dihasilkan dari spul dan disuplai oleh kiprok.

Dari kiprok, aki menampung arus dan tegangan listrik yang sudah dihasilkan tadi. Kemudian hasil  arus dan tegangan listrik yang ditampung tadi selanjutnya akan didistribusikan pada komponen-komponen pada sepeda motor yang membutuhkan daya listrik.

Bagi motor yang tanpa menggunakan selahan atau kick starter, rasanya kebugaran aki akan menjadi penunjang kelancaran dalam berkendara.

Karena aki menjadi vital untuk menghidupkan kendaraan bermotor tepatnya sepeda motor. Ya jika tanpa kick starter dan kemudian aki tekor, bagaimana dong??? Terlebih jika motornya metik hehe.

Oleh karenanya kita harus selalu merawat aki pada motor, hal tersebut bertujuan guna menjaga kesehatan dari aki pada motor.

Baik itu aki kering maupun aki basah, salah satu penyakit yang dapat terjadi adalah aki yang menjadi kembung seperti gambar di bawah ini.

Penyebab Aki Motor Kembung
Sumber: Facebook/ Burhan


Jangan berfikir itu adalah aki yang sudah lama dan menahun, dari penuturan pakarnya, itu masih terbilang aki baru, hanya saja pemilik akinya tidak tepat dalam menggunakan aki.

Ya kita pahami dulu ya sob, jika aki tidak digunakan dan dirawat dengan tepat, maka kemungkinannya adalah aki menjadi tekor atau aki menjadi kembung.

Kedua problem tersebut dapat terjadi karena beberapa kesalahan pengguna aki itu sendiri atau karena kerusakan komponen pada motor.

Sebagai contoh, jika aki tekor, penyebabnya bisa terjadi karena kelistrikan pada motor kita sudah diubah sedemikian rupa sehingga beban aki bertambah. Menambah lampu dan aksesoris lain pada motor yang tidak sesuai spesifikasi kelistrikan motor menjadi faktor yang paling sering terjadi.

Selain itu, kerusakan pada spul dan kiprok juga bisa jadi penyebabnya. Dan tentu penyebab lain karena aki tekor terus adalah karena aki itu sendiri yang spesifikasinya terlalu rendah amper dan tegangannya.

Hmm, kita kembali ke topik utama saja ya mengenai penyebab aki kembung hehe. Nah tadi sudah disinggung sedikit mengenai klu dari penyebab dari aki motor yang kembung.

Jadi bila tekor adalah berkurang atau kekurangan maka kembung adalah berlebihan arus atau tegangan akinya.

Penyebab aki kembung bisa terjadi karena beban kelistrikan dikurangi, misal mencopot beberapa lampu pada motor.

Tetapi yang sering terjadi adalah karena kiprok yang rusak sehingga membiarkan tegangan dan arus berlebih masuk ke aki. Untuk mengeceknya silahkan gunakan Voltmeter, jika dalam kondisi diam tegangannya lebih dari angka 12 volt (misal 13 Volt) dan ketika motor dalam keadaan hidup tegangannya lebih dari 14 volt (misal 15 volt), maka kita harus curiga kiprok mengalami over charger sehingga membuat aki menjadi kembung.

Selain itu, hal lain yang mungkin terjadi adalah karena kelalaian kita dalam mengganti aki motor. Misal aki bawaan dari motor kita spesifikasinya adalah 12 Volt dan 5 Amper, kemudian kita ganti ke aki motor dengan merek ternama dengan spesifikasi 9 Volt dan  2 Amper.

Tahu apa yang akan terjadi????? Tentunya aki kemungkinan akan kembung karena “wadahnya” terlalu kecil sedangkan suplainya besar.

Jika memang ingin menurunkan arus atau tegangan aki, sebaiknya ganti juga kiproknya dengan kiprok yang sesuai dengan spesifikasi aki. Karena jika tidak, hal tersebut malah akan merusak aki motor kita.

Intinya selalu memeriksa kondisi aki mulai dari gejala awal akan sangat berguna bagi kita dalam mengidentifikasi penyebab dari kerusakaan aki.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript