Fungsi Kabel Kecil Pada Tuas Kopling Motor




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini kita akan membahas mengenai kabel kecil pada area tuas kopling sepeda motor.


Bila kita perhatikan selain kabel kopling, ternyata pada tuas kopling juga terdapat kabel kopling yang membuat sebagian dari kita bertanya-tanya mengenai fungsinya.

Seperti salah satu pengguna motor Yamaha Byson berikut yang bertanya mengenai fungsi kabel pada tuas kopling.

Fungsi Kabel Kecil Pada Tuas Kopling Motor


Permisi suhu,,minta pencerahany brng kali ad yg paham sni ,,,itu kabel fungsiny untuk ap y dekat kopling ,,klw tdak terpasang ad efekny ndk y ,, suwunn ma’af blepotan msh labil :DCaption dari foto yang dibagikan.

Nah mari kita bahas bersama mengenai fungsi dari kabel tersebut. Kira-kira apa ya fungsinya?

Fungsi dari kabel kecil yang berada pada tuas kopling tersebut adalah sebagai sensor.

Sensornya akan bekerja ketika tuas kopling ditarik, mungkin cara kerjanya hampir sama seperti seperti sensor lampu rem pada tuas rem depan.

Sensor ini akan bekerja ketika kita tengah memasukan gigi pada motor dan apabila kita melakukan starter baik itu secara otomatis maupun via kick starter tanpa menarik tuas kopling, maka sensor tersebut tidak akan mengijinkan motor menyala.

Bila pada saat motor dalam keadaan masuk gigi dan kita hendak memasukannya, maka secara otomatis motor tidak akan menyala dan kita diharuskan memasukan terlebih dahulu transmisi pada posisi netral.

Kemudian bila kabel tersebut tidak dipasang atau dilepas apakah ada pengaruhnya? Tentunya ada, pengaruhnya adalah motor menjadi dapat menyala ketika kita menghidupkan motor dalam posisi tidak netral.

Sebetulnya bila boleh jujur, kabel tersebut sangat membantu kita. Mengapa? Karena terkadang kita lupa motor dalam keadaan netral atau tidak, bila kebetulan motor dalam keadaan tidak netral dan kita hidupkan, tentu tahu bukan akan seperti apa motor kita?

Ketika motor dalam keadaan tidak netral dan kita menyalakannya, maka secara langsung motor akan menghentak kecuali bila kita menekan tuas kopling.

Bila tengah dalam keadaan tidak siap, kronologi di atas dapat membuat kita terjatuh di parkiran (ini serius). Itu sebabnya ada kabel tersebut, tujuannya agar kita dapat menyalakan motor secara lebih aman.

Fungsi dan cara kerjanya pada setiap motor mungkin akan berbeda-beda, tetapi pada prinsipnya sama, yakni tidak mengijinkan motor menyala ketika kondisi transmisi tidak dalam keadaan netral.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai disini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.


Belum ada Komentar untuk "Fungsi Kabel Kecil Pada Tuas Kopling Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel