Arti Tim Satelit Pada Motogp

Arti Tim Satelit Pada Motogp


Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami, kali ini  kita akan membahas mengenai arti tim satelit pada gelaran ajang moto grandprix atau sering disebut sebagai motogp.

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai arti motor prototipe pada ajang motogp, dan sekarang kita akan kembali membahas mengenai istilah dalam gelaranan balap dunia tersebut.

Kita yang sering menonton motogp pasti pernah mendengar dengan tim satelit bukan? Lalu  apa sih tim satelit dalam gelaranan motogp?

Merujuk pada Kamus Bahasa Indonesia, satelit dapat dimaknai sebagai pengikut. Sedangkan tim merupakan regu maupun kelompok.

Secara kasar tim satelit dapat dimaknai sebagai regu atau kelompok pengikut. Pengikut siapa? Pengikut tim utama.

Nah sampai sejauh ini mungkin kita sudah memiliki gambaran mengenai apa itu tim satelit dalam motogp.

Kemudian kita bahas kembali, dalam motogp terdapat tim utama dan tim satelit. Kurang lebihnya tim utama adalah tim yang secara prospek pengembangan motor lebih terdepan ketimbang tim satelit.

Jadi tim utama lebih jor-joran dalam pengembangan mesin dan cenderung lebih mutakir. Sedangankan tim satelit biasanya mengembangkan mesin yang tahun lalu digunakan oleh tim utama.

Singkatnya, dalam sepak bola, tim satelit lebih dikenal dengan tim B dan tim utama lebih dikenal dengan tim A.

Secara anggaran dan misi pengembangan, tentunya tim satelit sangat berbeda dengan tim utama. Hal tersebut juga yang biasanya membuat tim satelit kurang berprestasi bila dibandingkan dengan tim utama.

Namun bila merujuk pada gelaran motogp tahun 2019, rasanya Petronas Yamaha sebagai tim satelit dikelas utama motogp, beberapa kali mampu mengungguli tim utama dari Moster Energy Yamaha.

Dengan demikian, fakta dari kronologi di atas dapat dijadikan acuan bagi tim utama dari Yamaha. Oleh karenannya tim satelit juga dianggap penting bagi kemajuan tim utama.

Oh iya, biasanya yang mengisi slot pada tim satelit adalah pembalap rookie maupun veteran. Ya secara kasarnya adalah pembalap yang baru promosi dari kelas moto2 maupun pembalap yang telah uzur usianya.

Dan satu hal lagi, tidak semua tim di motogp menggunakan atau membentuk tim satelit, setidaknya pada tahun 2019 tim Aprilia, KTM, serta Suzuki tidak membentuk tim satelit.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Arti Tim Satelit Pada Motogp"

Posting Komentar

Komentarnya Tuan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel