-->

★★★ Cek Pajak Kendaraan Bermotor Region Jawa Barat Secara Online ★★★

Ini Arti Porting and Polish (PNP) Pada Motor




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai PnP dalam pengertian lain, yakni porting and polish atau biasa disingkat PnP.


Pada artikel yang lalu-lalu, kami sempat mengartikan maksud dari PnP, tapi pada cakupan variasi motor. Nah kali ini kita akan membahas pula mengenai PnP, namun dalam cakupan mesin atau daleman motor atau mesin motor.

Nah apa itu porting dan polish?

Sebelum kita bahas mengenai maksud dari porting dan polish, ada baiknya kita bahas saja mengenai definisi kedua buah kata tersebut.

Jujur, kami sendiri tidak begitu fasih dalam berbahas Inggris, jadi ketika hendak menerjemahkan suatu kata, kami sering menggunakan Google Translate atau kamus Bahasa Inggris.

Dan untuk kasus kata porting dan polish, kami sejauh ini belum dapat menerjemahkan dengan baik atau mendekati, terutama soal arti porting.

Untuk porting kita langsung maknai saja ya, karena setelah kami cek Google Translate, ternyata artinya tetap porting. Sedangkan bila kita hilangkan kata kerjanya, menjadi kata port, maka artinya adalah pelabuhan hmm......

Baiklah, porting secara sederhana merupakan proses pengikisan logam oleh alat bor khusus yang bertujuan untuk memperlebar diamter dari lubang. Biasanya yang diporting adalah lubang klep, baik itu meliputi lubang masuk dari karbu maupun lubang keluar menuju knalpot.

Ini Arti Porting and Polish (PNP) Pada Motor
Lubang klep yang diporting. Sumber: gridoto.com
Sedangkan polish bila kita terjemahkan dari Google Translate artinya adalah Polandia hmmm, dalam definisi kamus, polish artinya adalah semir atau menyemir. Maksudnya adalah besi yang tadinya memiliki permukaan kasar, akan dihaluskan sedemikian rupa sehingga tidak ada lagi permukaan yang kasar. Biasanya proses ini juga diakhiri dengan memberikan batu hijau agar hasilnya lebih mengkilap.

Ini Arti Porting and Polish (PNP) Pada Motor
Lubang klep yang diporting dan dipolish. Sumber: belipart.com
Jadi porting and polish (PnP) bila kita gabungkan merupakan proses perlebaran diameter lubang pada mesin motor yang biasanya berkenaan dengan lubang masuk dan keluar klep. Proses perlebaran tersebut bertujuan untuk memperkaya bahan bakar yang masuk menuju ruang bakar. Setelah proses perlebaran tersebut, dilakukan semir atau penghalusan atau finishing yang bertujuan untuk membuat hasil dari perlebaran tadi menjadi lebih halus dan mengkilap.

Mungkin bila pada karburator, proses PnP atau porting and polish ini lebih dikenal sebagai reamer ya hehe. Tapi ndak tahu juga sih.

Ini Arti Porting and Polish (PNP) Pada Motor
Karbu yang direamer. Sumber: bukalapak.com
Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini. Akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.
Apa Reaksi Mu???
Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Mohon Aktifkan Javascript!Enable JavaScript