Cara Membuka Baut Rumah Kopling Motor




Assalamu’alaikum.
Kembali lagi pada artikel satupiston.com, kali ini kita akan membagikan trik dalam membuka baut pengunci pada rumah kopling motor.

Cara Membuka Baut Rumah Kopling Motor


Seperti gambar di atas, terlihat bahwa rumah kopling salah satu jenis motor dikunci dengan baut berukuran 19 mm (ditandai dengan lingkaran merah). Untuk membukanya susah-susah gampang, hal tersebut karena ketika kita hendak membukanya, baut dan rumah kopling akan ikut berputar.

Banyak yang menganjurkan untuk dilakukan pengereman ban belakang, namun sayangnya untuk kasus motor yang tadi dicontohkan adalah motor Honda Sonic 150, yang mana ketika kita hendak membuka bak kopling, maka kita harus membuka footstep dan tentu tuas remnya.

Pada bengkel yang pernah kami temui, trik dalam membuka baut rumah kopling adalah dengan cara dipukul menggunakan pahat, serta ada juga yang diketok-ketok menggunakan kunci shock.

Karena kebetulan kami tidak memiliki kunci shcok ukuran 19, maka kami menggantinya dengan kunci ring yang panjang dengan ukuran 19.

Sebetulnya yang jadi masalah sekarang adalah bagaimana cara membuka baut rumah kopling tersebut, karena kendati kita telah memasukan transmisi ke gigi  satu, baut dari rumah kopling tetap berputar dan seolah tidak terpengaruh.

Nah kebetulan kami menemukan trik dalam membuka baut rumah kopling tersebut. Namun boleh jadi trik ini tidak rekomenden ya, karena boleh jadi kurang begitu bagus untuk dipandang dan dilakukan.

Mulai saja, untuk triknya maka kita perlu menyiapkan beberapa benda seperti berikut:

Cara Membuka Baut Rumah Kopling Motor


1. Siapkan besi yang cukup panjng dan kokoh. Panjangnya kurang lebih seukuran dari luas swing arm  motor kita. Dalam kasus ini, kami menggunakan kunci T yang cukup panjang dan tentunya cukup kokoh untuk menahan torsi dari roda dan ban.
2. Selanjutnya adalah majun atau kain lap. Fungsinya adalah untuk membalut besi panjang yang kita tadi persiapkan. Tujuannya agar meminialisir terjadinya lecet ketika besi dan besi bersentuhan.
3. Dan yang terakhir adalah kunci yang seukuran dengan kunci pengikat pada rumah kopling. Untuk kasus  yang kita bahas adalah kunci dengan ukuran 19 mm, dan untuk motor lain silahkan saja sesuaikan ukuran kunci dengan ukuran baut pengikat rumah kopling.

Lalu bagaimana cara kerjanya?

Cara Membuka Baut Rumah Kopling Motor


Cara kerjanya cukup sederhana, yakni:
1. Pertama kita masukan transmisi pada gigi satu.
2. Kemudian kita balut besi panjang yang tadi kita siapkan dengan kain. Kebetulan yang kita pakai adalah kunci T, jadi kita baluti kunci T dengan kain lap.
3. Simpan besi panjang yang telah dibaluti kain tersebut di swing arm dan masukkan ke antara roda. Kronologinya seperti pada gambar di atas. Untuk penempatannya sesuaikn saja. jika tidak salah, untuk mengendurkan baut, maka besi panjang disimpan di atas swing arm dan ketika hendak mengencangkan baut maka besi panjang disimpan di bawah swing arm.

Dan untuk membuka baut pada rumah kopling, usahakan kunci diberikan hentakan. Artinya ujung kunci yang kita pakai tidak kita langsung tarik, tapi dipukul-pukul terlebih dahulu menggunakan telapak tangan atau palu karet.

Cara di atas akan sangat efektif untuk membuka baut pada rumah kopling, silahkan saja dicoba.

PERINGATAN!
Cara ini tidak direkomendasikan untuk motor yang menggunakan velg jari-jari, karena dikhawatirkan akan merusak jari-jari pada velg”.

Nah artikel ini kami cukupkan sampai disini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Akhir kata, sampai jumpa.
Wassalamu’alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuka Baut Rumah Kopling Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel