Turtorial Cara Mengganti Kampas Rem Belakang GSX R150

Daftar Isi [Tampil]

 Satupiston.com - Assalamu'alaikum. Berikut ini adalah tutorial cara mengganti kampas rem belakang Suzuki GSX R150. Jadi, setelah sebelumnya memberikan tutorial untuk mengganti kampas rem depan GSX R150, maka sekarang bagian belakangnya.

Turtorial Cara Mengganti Kampas Rem Belakang GSX R150

Mengganti kampas rem belakang GSX R150 memerlukan beberapa alat sederhana. Kunci L hexagonal berukuran 5 mm menjadi kunci utama dalam proses ini. 


Kunci ini disarankan memiliki gagang yang panjang agar lebih mudah digunakan. Selain itu, kunci pas pipih yang panjang atau besi pipih panjang juga perlu disiapkan. 


Jangan lupa untuk menyediakan lap atau majun untuk menjaga kebersihan. Tentu saja, kampas rem belakang baru untuk GSX R150 harus tersedia.


Langkah-langkah Membuka Kampas Rem Belakang

Bagian pertama yang perlu diperhatikan adalah tutup karet berbentuk lingkaran. Tutup ini melindungi baut kaliper rem belakang dari kotoran. 


Erik, seorang pegawai bengkel di Cililin, Bandung Barat, menjelaskan bahwa karet tersebut perlu dikeluarkan terlebih dahulu. "Setelah baut pen penahan kampas rem terlihat, gunakan kunci L 5 mm untuk membuka pen tersebut dengan memutarnya ke arah bawah," ujarnya. 


Setelah pen pengikat terlepas, kampas rem belakang bisa dilepas satu per satu. Langkah ini memerlukan sedikit kehati-hatian agar tidak merusak komponen lainnya.


Memasang Kampas Rem Belakang Baru

Setelah kampas rem lama dilepas, kampas rem belakang yang baru bisa dipasang. "Jika kampas rem baru terasa sulit masuk karena lebih tebal, gunakan kunci pas pipih yang panjang," kata Erik. 


Kunci pas ini bisa dibalut dengan lap atau majun agar tidak membuat lecet piringan cakram dan piston kaliper. Erik menambahkan, "Ungkit dan buat piston kaliper rem belakang lebih ke dalam agar kampas rem bisa masuk dengan sempurna."


Setelah kampas rem belakang berhasil dipasang, baut pen penahan kampas rem harus dimasukkan kembali dan dikencangkan. 


Proses ini penting untuk memastikan kampas rem terpasang dengan baik dan aman. "Setelah semua selesai, injak pedal rem belakang beberapa kali dan tes apakah sudah cakram atau masih ngelos," jelas Erik. Jika rem masih ngelos, kemungkinan ada angin yang terperangkap di sistem rem dan perlu dilakukan bleeding.


Proses mengganti kampas rem belakang GSX R150 memang memerlukan ketelitian dan alat yang tepat. 


Dengan langkah-langkah yang tepat, penggantian kampas rem bisa dilakukan dengan mudah dan aman.


Video Tutorial Ganti Kampas Rem Belakang GSX R150



Rangkuman Alat dan Bahan Yang Dibutuhkan

  • Kunci L hexagonal (standar) berukuran 5 mm (usahakan pakai yang panjang gagangnya)
  • Kunci pas pipih yang panjang atau besi pipih panjang
  • Lap atau majun jika perlu
  • Kampas belakang untuk GSX R150 (Untuk persamaan bisa dibaca di: Persamaan Kampas Rem Belakang GSX R150)

Rangkuman Tutorial Mengganti Kampas Rem Belakang GSX R150

  • Perhatikan bagian yang sekiranya ditutup oleh tutup karet berbentuk lingkaran, pocel atau keluarkan karet tersebut, sebab itu adalah cover untuk menutupi baut kaliper rem belakang agar tidak kotor.
  • Selanjutnya setelah baut pen penahan kampas rem terlihat, gunakan kunci L 5 mm untuk membuka pen tersebut (putar ke arah bawah).
  • Setelah pen pengikat terlepas, selanjutnya tinggal lepas kampas rem belakang secara satu per satu.
  • Setelah itu, masukan kampas rem belakang baru. Jika sulit masuk karena kampas rem baru lebih tebal, maka gunakan kunci pas pipih yang panjang (balut dengan lap atau majun agar tidak membuat lecet) untuk dimasukan ke celah piringan cakram dan piston kaliper (ungkit dan buat piston kaliper rem belakang jadi lebih ke dalam agar kampas rem belakang bisa masuk dengan sempurna).
  • Setelah kampas rem belakang bisa masuk, selanjutnya masukan kembali baut pen penahan kampas rem dan kencangkan. Jangan lupa masukan kembali karet penutup yang tadi di awal dilepas.
  • Jika sudah seleasi, injak2 pedal rem belakang GSX R150 dan tes apakah sudah cakram atau malah ngelos, jika sampai ngelos, maka harus dilakukan bleeding karena ada angin yang terperangkap di bagian sistem rem belakang motor.

Wassalamu'alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Berikan Komentar Anda Untuk Artikel "Turtorial Cara Mengganti Kampas Rem Belakang GSX R150"

Posting Komentar

Komentarnya Tuan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)