Gak Cocok Pakai Pertalite, Bensin Yang Cocok Untuk KLX 150 Series Minimal Pertamax!

Daftar Isi [Tampil]

 Satupiston.com - Assalamu'alaikum. Bensin yang cocok untuk KLX 150 series ternyata bukan Pertalite, melainkan minimum RON 91, atau yang lumrah di temukan di Pertamina adalah Pertamax dengan RON 92.

Gak Cocok Pakai Pertalite, Bensin Yang Cocok Untuk KLX 150 Series Minimal Pertamax!

Meski perbandingan kompresi mesin dari KLX 150 series adalah 9,5:1, namun soal bensin, KLX 150 ternyata “alergi” Pertalite. 


Dari stiker peringatan di tangki bensinnya, tertulis bahwa KLX 150 harus menggunakan bensin dengan minimum RON 91. 


Pertalite, yang hanya memiliki RON 90, jelas tidak memenuhi standar ini. Dengan demikian, penggunaan Pertalite pada KLX 150 series bisa berisiko merusak mesin.


Pertamax Lebih Cocok Untuk KLX 150 Series

Berdasarkan rekomendasi pabrikan, Pertamax yang memiliki RON 92 menjadi pilihan lebih tepat untuk KLX 150 series. 


Dengan RON yang lebih tinggi, Pertamax mampu memberikan pembakaran lebih optimal dan mencegah knocking pada mesin.


Menggunakan bahan bakar dengan RON minimum 91, seperti yang dijelaskan pada stiker, akan membantu mencegah kerusakan mesin lebih lanjut. 


Selain itu, penggunaan bensin tanpa timbal juga sangat disarankan untuk menjaga performa mesin tetap prima.


Dampak Penggunaan Bensin Tidak Sesuai

Menggunakan bensin dengan RON di bawah 91 pada KLX 150 series dapat berdampak negatif pada kinerja mesin. 


Mesin yang tidak mendapatkan bahan bakar sesuai rekomendasi cenderung mengalami knocking atau detonasi. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan komponen mesin dalam jangka panjang. 


Oleh karena itu, penting bagi pengguna KLX 150 series untuk memperhatikan jenis bensin yang digunakan demi menjaga umur panjang dan performa optimal mesin.


Kenapa Harus Pertamax?

Pertamax, dengan RON 92, memberikan sejumlah keuntungan dibandingkan Pertalite. Pertama, pembakaran yang lebih bersih dan efisien. 


Hal ini penting untuk menjaga kebersihan ruang bakar dan komponen mesin lainnya. Pembakaran yang lebih efisien juga berarti tenaga yang dihasilkan lebih optimal. 


Kedua, Pertamax memiliki kandungan aditif yang lebih baik. Aditif ini berfungsi untuk membersihkan endapan karbon di dalam mesin, sehingga mesin tetap dalam kondisi prima.


Pengaruh RON pada Kinerja Mesin

Research Octane Number (RON) adalah ukuran seberapa besar tekanan yang bisa ditahan bahan bakar sebelum terbakar secara spontan. 


Semakin tinggi RON, semakin besar tekanan yang bisa ditahan. Mesin dengan kompresi tinggi, seperti KLX 150 series, membutuhkan bahan bakar dengan RON tinggi untuk mencegah detonasi. 


Detonasi adalah kondisi di mana bahan bakar terbakar secara prematur sebelum percikan api dari busi, yang bisa merusak mesin. 


Dengan RON 92, Pertamax mampu menahan tekanan lebih tinggi, sehingga cocok untuk mesin dengan kompresi tinggi.


Stiker Peringatan di Tangki Bensin

Stiker peringatan yang ada di tangki bensin KLX 150 series bukan sekadar hiasan. Informasi yang tertulis di stiker tersebut memberikan panduan penting bagi pengguna tentang jenis bahan bakar yang sebaiknya digunakan. 


Pabrikan telah melakukan berbagai pengujian untuk menentukan bahan bakar yang paling sesuai dengan karakteristik mesin. 


Mengabaikan rekomendasi ini bisa berakibat fatal pada kinerja dan umur panjang mesin. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengikuti rekomendasi pabrikan terkait penggunaan bahan bakar.


Dampak Jangka Panjang Penggunaan Pertalite

Meskipun sesekali menggunakan Pertalite mungkin tidak langsung merusak mesin, penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan masalah serius. 


Knocking yang terus-menerus dapat mengakibatkan kerusakan pada piston dan silinder. Selain itu, endapan karbon dari pembakaran yang tidak sempurna bisa menyumbat saluran bahan bakar dan injektor. 


Dalam jangka panjang, ini bisa mengurangi efisiensi bahan bakar dan meningkatkan emisi gas buang. 


Oleh karena itu, untuk menjaga mesin tetap dalam kondisi terbaik, sangat disarankan untuk selalu menggunakan Pertamax atau bahan bakar dengan RON 91 ke atas.


Penggunaan Bahan Bakar Tanpa Timbal

Selain memperhatikan RON, penting juga untuk menggunakan bahan bakar tanpa timbal. 


Timbal adalah aditif yang dulu digunakan untuk meningkatkan oktan bahan bakar, tetapi kini sudah dilarang karena dampak negatifnya terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. 


Bahan bakar tanpa timbal lebih ramah lingkungan dan tidak merusak komponen mesin. KLX 150 series dirancang untuk menggunakan bahan bakar tanpa timbal, sehingga penggunaan bahan bakar dengan timbal bisa merusak katup dan komponen lainnya.

Wassalamu'alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Berikan Komentar Anda Untuk Artikel "Gak Cocok Pakai Pertalite, Bensin Yang Cocok Untuk KLX 150 Series Minimal Pertamax!"

Posting Komentar

Komentarnya Tuan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)