Apakah Stylo 160 Pakai Kick Starter? Wah!

Daftar Isi [Tampil]

Apakah Honda Stylo 160 pakai kick starter atau tidak ya? Wah, ada beberapa orang yang kecewa dengan apa yang akan kami sajikan di bawah ini.

 

Satupiston.com - Assalamu’alaikum. Kalian pecinta skutik klasik modern, pasti sudah tidak asing lagi dengan Honda Stylo.

 

Skutik yang baru saja diluncurkan di Indonesia pada 2 Februari 2024 ini, hadir dengan desain yang stylish dan mesin 160cc yang bertenaga.

 

Namun, ada satu pertanyaan yang muncul di benak banyak orang, yakni:

 

Apakah Stylo 160 pakai kick starter?

 

Apakah Stylo 160 Pakai Kick Starter? Wah!

Jawabannya adalah tidak. Stylo 160 tidak dibekali kick starter alias tidak pakai selahan. Sebagai gantinya, Stylo 160 hanya menggunakan elektrik starter untuk menyalakan mesin.

 

Alasan Honda tidak menyematkan kick starter pada Stylo 160:

  • Meningkatkan efisiensi: Penggunaan elektrik starter diklaim lebih efisien dan praktis dibandingkan kick starter. Kalian tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk menghidupkan mesin, cukup menekan tombol starter.
  • Meringankan bobot motor: Menghilangkan kick starter dapat meringankan bobot motor, sehingga meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar. Stylo 160 memiliki bobot 115 kg (CBS) dan 118 kg (ABS), lebih ringan dibandingkan beberapa kompetitornya yang masih menggunakan kick starter.
  • Memberikan desain yang lebih ramping: Tanpa adanya kick starter, desain Stylo 160 terlihat lebih ramping dan modern. Hal ini sejalan dengan target pasar Stylo 160, yaitu para milenial yang menyukai desain stylish dan kekinian.

 

Kekurangan tidak adanya kick starter pada Stylo 160

  • Ketergantungan pada aki: Jika aki tekor, kalian tidak bisa menyalakan mesin tanpa bantuan powerbank atau jumper aki. Hal ini bisa menjadi masalah jika kalian sedang berada di tempat yang jauh dari sumber listrik.
  • Potensi kerusakan: Elektrik starter lebih kompleks dan berpotensi mengalami kerusakan dibandingkan kick starter. Biaya untuk memperbaiki kerusakan elektrik starter juga bisa lebih mahal.

 

Tips untuk menjaga elektrik starter Stylo 160

  • Rutin cek aki: Pastikan aki selalu dalam kondisi prima dengan melakukan pengecekan secara berkala. Kalian dapat mengecek aki di bengkel resmi Honda atau bengkel terpercaya lainnya.
  • Hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan: Penggunaan aksesoris yang berlebihan, seperti lampu LED tambahan atau sound system, dapat membebani aki dan membuatnya cepat tekor.
  • Gunakan starter dengan bijak: Hindari menghidupkan mesin dengan starter dalam waktu lama. Jika mesin tidak kunjung hidup setelah beberapa kali percobaan, sebaiknya periksa apakah ada masalah pada motor.

 

Contoh situasi di mana kick starter bisa berguna

  • Saat aki tekor: Jika aki tekor, kalian tidak bisa menyalakan mesin Stylo 160 tanpa bantuan powerbank atau jumper aki. Jika kalian tidak memiliki powerbank atau jumper aki, kick starter bisa menjadi solusi untuk menyalakan mesin.
  • Saat di daerah terpencil: Jika kalian sedang bepergian ke daerah terpencil yang jauh dari sumber listrik, kick starter bisa menjadi penyelamat jika aki tekor.
  • Saat cuaca dingin: Pada cuaca dingin, aki motor lebih mudah tekor. Kick starter bisa menjadi alternatif untuk menyalakan mesin jika aki tekor.

 

Meskipun Stylo 160 tidak dibekali kick starter, hal ini bukan berarti motor ini tidak praktis.

 

Penggunaan elektrik starter diklaim lebih efisien dan praktis, serta memberikan desain yang lebih ramping.

 

Namun, kalian perlu memperhatikan beberapa tips untuk menjaga elektrik starter agar tetap berfungsi dengan baik.

 

Saran untuk Honda

Meskipun Stylo 160 tidak memiliki kick starter, mungkin Honda dapat mempertimbangkan untuk menyediakannya sebagai opsi bagi konsumen yang menginginkannya.

 

Hal ini dapat memberikan pilihan bagi konsumen yang ingin memiliki Stylo 160 dengan fitur yang lebih lengkap.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)