Karbu PE 26 Untuk Motor Apa ? Ketahui Ini Dulu

Karbu PE 26 untuk motor apa? Kira-kira karbu ini cocok untuk motor apa saja ya? Namun tentu sebelum asal pakai karbu ini, sebaiknya perhatikan beberapa aspek.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai karbu PE26.

 

Salah satu varian karbu motor yang banyak dicari adalah PE 26, di mana karbu ini kerap diaplikasikan pada beberapa motor yang ingin meningkatkan performa mesinnya.

 

Di atas PE26, ada yang namanya PE28 yang lebih terkenal lagi. Namun banyak yang urung untuk memakai PE28 karena karbu tersebut lebih besar dan berpotensi malah membuat motor jadi boros (jika dapur pacu belum siap untuk mendapatkan suplai bahan bakar lebih banyak).

 

Karbu PE 26 Untuk Motor Apa ?

Karbu PE 26 Untuk Motor Apa ? Ketahui Ini Dulu

Karbu PE 26 cocok untuk motor yang awalnya menggunakan karbu vakum dengan venturi 26 mm. Sebab karbu PE 26 sendiri merupakan karbu konvensional yang performa tarikannya lebih baik dari karbu vakum.

 

Contohnya adalah motor Byson yang hendak ganti karbu vakum bawaan ke karbu PE26 yang sama-sama berventuri 26 mm.

 

Selain itu, karbu PE 26 bisa jadi opsi upgrade dari motor yang sebelumnya pakai karbu berventuri 24 mm atau karbu lain yang lebih kecil.

 

Dengan catatan ada oprekan di mesin atau aspek lain yang berhubungan dengan butuhnya asupan bahan bakar yang lebih banyak,

 

Namun tentunya pergantian karbu ini cenderung harus ada settingan lebih lanjut seperti pergantian PJ/ MJ hingga pergantian manifold.

 

Sekedar info, untuk manifold dari karbu PE 26 sendiri biasanya yang model dimasukan dan bukan yang dibaut seperti model karbu dari motor Supra Fit.

 

Jadi jika dibilang cocok-cocokan dengan motor apa, jelas tidak semua motor langsung cocok karena harus ada settingan lagi.

 

Namun yang jelas jika awalnya motor menggunakan karbu konvensional dengan venturi 26 mm atau bahkan lebih besar dari 26 mm, maka kurang cocok jika mengganti ke PE 26.

 

Untuk kasus Byson sendiri, pergantian ke karbu PE26 dimaksudkan untuk mengubah sistem karbu yang awalnya vakum menjadi sistem konvensional.

 

Apakah Karbu PE 26 Boros?

Tergantung settingan dan pemakian, namun jika awalnya adalah melakukan upgrade, sudah jelas konsumsi bahan bakar akan lebih boros.

 

Yang jelas sih jika mengganti karbu ke yang venturinya lebih besar tentu akan membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

 

Terlebih jika settingan yang dipakai tidak tepat hingga membuat knalpot ngebul, biasanya motor tidak akan keluar maksimal tarikan atau performanya dan hanya memboroskan konsumsi bahan bakarnya saja.

 

Untuk itu jika mesin masih standaran dan awalnya menggunakan karbu yang lebih kecil venturinya dari angka 26 mm, maka pikirkan ulang untuk menggunakan karbu PE 26.

 

Sebab salah-salah malah akan membuat performa motor jadi kurang oke.

 

Bukan jadi upgrade, yang terjadi malah downgrade dengan konsekuensi kita harus mengeluarkan uang untuk membeli karbu hingga hal-hal lain yang berhubungan dengan pemasangan karbu.

 

Ya begitulah, pada akhirnya karbu bisa membuat motor menjadi kencang, namun sebaliknya malah bisa membuat lambat dan ngebul jika settingannya tidak tepat.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x