Apakah Karbu PE 24 Irit atau Tidak? Ini Jawabannya

Apakah karbu PE 24 irit atau tidak? Tentu ini jadi salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh para modifikator motor yang hendak ganti karbu motornya.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai karbu PE 24.

 

Salah satu varian karburator motor yang cukup banyak ditanyakan dan dicari adalah varian karbu Keihin PE 24.

 

Karburator yang satu ini sempat mengisi line up motor 2 tak dari Honda. Adapun hingga sekarang, karbu ini masih banyak dicari untuk dipasangkan pada motor lain.

 

Misal pada motor bebek hingga motor matic seperti MIO karbu yang kerap mengadopsi karbu dari Keihin ini.

 

Apakah Karbu PE 24 Irit atau Tidak? Ini Jawabannya

Apakah Karbu PE 24 Irit atau Tidak? Ini Jawabannya

Di sini mari kita uraikan pemasangan dari karbu PE 24. Sebab pemasangan yang berbeda bisa menghasilkan konsumsi bahan bakar yang berbeda pula.

 

First, anggap saja karbu bawaan motor yang digunakan memiliki venturi di bawah 24 mm (venturi karbu PE 24 adalah sebesar 24 mm). Dengan demikian, jika karbu bawaan berventuri di bawah 24 mm dan kemudian diganti dengan PE 24, maka akan membuat motor jadi lebih boros namun performa bisa lebih meningkat (asal mesin juga ada korekannya agar bisa mengimbangi suplai bahan bakar dari karbu).

 

Kedua, anggap saja karbu bawaan motor awalnya berventuri 24 mm juga, namun dengan sistem vakum dan bukan konvensional seperti karbu PE 24. Kejadian ini kerap dilakukan pada motor Mio karbu, di mana karbu vakum dari Mio karbu diganti ke karbu PE 24.

 

Mio mengusung karbu vakum berventuri 24 mm, karbu PE 24 pun mengusung diameter venturi sebesar 24 mm juga.

 

Namun meski begitu, karbu vakum cenderung lebih irit karena sistemnya vakum. Sedangkan karbu konvenisonal cenderung lebih boros namun punya keunggulan yakni lebih responsif dan mengeluarkan kemampuan maksimal dari mesin motor.

 

Ketiga, anggap saja karbu bawaan motor berventuri di atas 24 mm, misal di angka 26 mm. Maka mengganti karbu ke karbu PE 24 bisa membuat motor malah jadi irit dengan catatan motor akan cenderung tidak bertenaga karena terjadi downgrade sistem karburasi.

 

Karburator PE 24 Palsu Cenderung Membuat Lebih Boros

Di pasaran sendiri, karbu PE 24 banyak dipalsukan. Hal tersebut memungkinkan stock karbu ini melimpah dan dengan harga yang murah.

 

Namun tahu atau tidak? Jika karbu yang palsu cenderung berkualitas random, yakni banyak yang buruk dan sesekali ada yang bagusnya.

 

Alhasil, banyak kasus di mana karbu palsu sering error dan susah untuk diatur atau distel.

 

Bahkan tak jarang banyak karbu palsu yang jadi lebih boros, sebab kerap ngaco pada bagian pelampung karbu dan membuat bensin banjir di karbu.

 

Jadi memang idealnya pakai karbu yang original saja dengan catatan pasti harganya cenderung lebih mahal namun kualitasnya terjamin.

 

Selain itu perlu diperhatikan jika sebaiknya tidak asal dalam memasangkan karbu.

 

Dalam artian pastikan pergantian karbu sudah diperhitungkan dengan kebutuhan mesin.

 

Jangan sampai ganti karbu ke yang venturinya lebih besar namun mesin masih standaran sehingga malah akan terjadi downgrade performa.

 

Sebab bensin akan lebih boros dan membuat busi cepat rusak serta tenaga motor tidak keluar semua dan malah hanya akan membuat knalpot berasap saking borosnya asupan bahan bakar.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x