Kapasitas Oli CBR250RR K64N STD, SP, dan SPQS

Kapasitas oli CBR250RR K64N STD, SP, dan SPQS itu berapa banyak ya? Jangan kaget ketika melihat takaran oli mesin yang harus disiapkan.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai volume oli mesin untuk Honda CBR 250RR.

 

Honda CBR250RR menjadi salah satu motor seperempat liter dari Astra Honda Motor yang pada hari 19 September 2022 kemarin mendapat update terbaru, terlebih untuk versi SP dan SPQS.

 

Dengan oprekan mesin baru dari Honda, setidaknya CBR250RR versi SP dan SPQS memiliki performa mesin yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya atau bahkan dengan versi standar (STD).

 

Kenaikan performa tersebut terjadi di sektor daya maksimum dan juga torsi maksimumnya, di mana CBR 250RR standar punya daya dan torsi terbaik di angka sebagai berikut:

  • Daya Maksimum: 28,5 kW (38,7 PS) / 12.500 rpm
  • Torsi Maksimum: 23,3 Nm (2,4kgf.m)/11.000 rpm

 

Sedangkan untuk varian SP dan SPQS punya daya dan torsi maksimum di angka sebagai berikut:

  • Daya Maksimum: 31 kW (42 PS)/13.000 rpm
  • Torsi Maksimum: 25 Nm (2,5 kgf.m)/11.000 rpm

 

Kapasitas Oli CBR250RR K64N STD, SP, dan SPQS

Kapasitas Oli CBR250RR K64N STD, SP, dan SPQS

Volume oli CBR250RR K64N series adalah sebesar 1,9 liter untuk pergantian periodik. Sedangkan saat ganti filter oli, maka takarannya naik menjadi 2,2 liter.

 

Kemudian jika bongkar mesin, misal ganti kopling, maka takaran oli akan bertambah lebih banyak lagi di angka 2,4 liter.

 

Kenapa oli mesin yang dibutuhkan banyak? Karena motor ini mengusung mesin berjumlah 2 silinder, di mana dalam kalkulasinya, kurang lebih tiap silinder perlu setidaknya 1 liter oli mesin.

 

Kenapa Filter Oli Mesin Harus Diganti?

Ada juga filter oli mesin yang tidak perlu diganti dan cukup dibersihkan, namun untuk kasus CBR250RR K64N, filter oli mesinnya harus diganti diperiode tertentu.

 

Filter oli mesin sendiri merupakan saringan oli yang berfungsi untuk menyaring kotoran berupa serpihan logam pada oli.

 

Biasanya filter oli mesin ini akan memfilter oli yang menuju ke ruang bakar, sebab pada motor 4 tak, oli mesin ini akan melumasi area kopling dan juga ruang bakar.

 

Untuk area blok kopling, biasanya oli mesin cenderung kotor, sebab kampas kopling mudah luntur jika terus-terusan digunakan.

 

Lunturnya kampas kopling ketika terus-menerus bergesekan dengan komponen lain bisa menimbulkan kotoran berupa serpihan logam hingga serpihan bekas kampas kopling.

 

Jika serpihan kotoran tersebut dibiarkan masuk ke ruang bakar, maka efeknya ruang bakar bisa mengalami keausan karena tergores dan lain sebagainya.

 

Kapan Waktunya Ganti Oli Mesin CBR250RR?

Untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti, silahkan cek buku panduan service dari motor CBR250RR, sebab patokan pastinya ada di buku tersebut.

 

Adapun untuk pergantian oli mesin pertama, acuan jarak tempuhnya adalah di 1.000 Km pertama atau 1 bulan pertama.

 

Setelahnya, patokan pergantian oli mesin akan dilakukan secara normal atau lebih lama, misal di angka 3.000 Km – 4.000 Km.

 

Namun tentunya, pergantian oli mesin ini biasanya dilakukan lebih dini, ini agar didapat performa yang ideal setelah mengganti oli mesin.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....