Letak Filter Oli Jupiter Z dan Jupiter Z1

Letak filter oli Jupiter Z dan Jupiter Z1 itu tidak sulit kok untuk ditemukan. Asalkan kita sudah tahu di mana biasanya pabrikan motor akan menempatkan filter oli mesin pada suatu motor.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai posisi filter oli mesin dari Jupiter Z dan Jupiter Z1.

 

Jupiter Z1 adalah generasi injeksi dan terbaru dari varian Jupiter Z. keduanya merupakan salah satu motor bebek yang dijual oleh pabrikan Yamaha.

 

Yamaha di Indonesia sendiri sempat menjual beberapa motor bebek di era 4 tak seperti varian Vega, Jupiter Z, hingga Jupiter MX yang sekarang jadi MX King.

 

Bicara mengenai filter oli mesin, untuk motor Yamaha, biasanya filter oli mesinnya berjenis filter oli mesin yang sekali pakai.

 

Artinya, jika sudah digunakan hingga jarak tempuh maksimal, maka filter oli mesin tersebut harus diganti agar proses penyaringan oli bisa tetap berjalan dengan maksimal.

 

Letak Filter Oli Jupiter Z dan Jupiter Z1

Posisi filter oli Jupiter Z dan Jupiter Z1 biasanya ada di bagian blok kopling atau blok mesin sebelah kanan.

 

Untuk mengetahui apakah blok tersebut merupakan blok filter oli mesin, caranya cukup mudah yakni biasanya bagian filter oli akan terdapat tiga baut yang kepalanya berukuran 8 mm.

 

Pada Jupiter Z1, posisi dari filter oli mesinnya adalah sebagai berikut:

Letak Filter Oli Jupiter Z dan Jupiter Z1

 

Lebih jelasnya lagi adalah sebagai berikut:

Letak Filter Oli Jupiter Z dan Jupiter Z1

Nah biasanya, blok filter oli mesin itu berbentuk bulat atau lingkaran yang cukup kecil yang kurang lebih ukurannya hampir sama dengan diameter lingkar dari filter oli mesin itu sendiri.

 

Sedangkan pada Jupiter Z1 di gambar di atas, terlihat jika bagian filter oli mesinnya tidak berbentuk lingkaran dan cenderung ditutup dengan cover dengan bentuk yang jauh dari dimensi lingkaran.

 

Pada motor Jupiter Z versi lain, blok filter oli mesin masih berbentuk lingkaran seperti gambar di bawah ini:

Letak Filter Oli Jupiter Z dan Jupiter Z1

 

Namun yang jelas adalah pada motor, bagian filter oli mesin biasanya akan diikat dengan baut dengan kepala sebesar 8 mm.

 

Cara Membuka Blok Filter Oli Mesin

Sebaiknya jangan membuka baut di filter oli mesin saat mesin dalam keadaan panas. Sebab hal tersebut bisa membuat baut jadi mudah slek.

 

Selain itu, pastikan kita menggunakan kunci yang sesuai dalam artian jangan menggunakan kunci pas atau kunci ring yang gagangnya kecil.

 

Sebaiknya gunakan kunci T atau kunci socket yang punya gagang cukup panjang dan kuat. Sebab, baut pada bagian blok mesin biasanya memiliki torsi yang besar.

 

Jika menggunakan kunci yang kurang kuat, maka bisa membuat kepala baut menjadi slek atau kunci itu sendiri yang slek.

 

Usia Pakai Filter Oli Mesin

Filter oli mesin biasanya akan diganti di interval tertentu, ada yang memilih mengganti per 2 x ganti oli, per 3 x ganti oli, hingga per 4 kali ganti oli.

 

Namun dari acuan kami, biasanya kami mengganti filter oli mesin per 10.000 Km sekali, bertepatan dengan pergantian busi.

 

Artinya jika kami mengganti oli tiap 2.500 Km sekali, maka pergantian filter oli dilakukan per 4 x setelah ganti oli.

 

Fungsi Filter Oli Motor

Filter oli atau saringan oli adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor. Meski tidak semua motor menggunakan jenis dan bentuk filter oli yang sama, namun untuk era sekarang, terlebih motor berkopling manual dan semi otomatis, sudah banyak yang mengaplikasikan filter oli.

 

Pada mesin berjenis 4 tak non matic, oli mesin bertugas untuk melumasi bagian transmisi atau kopling hingga ke ruang bakar.

 

Umumnya, bagian kopling ini cenderung lebih kotor dari bagian ruang bakar. Sebab, kampas kopling memang mudah rontok saat digunakan.

 

Hal ini pula yang menyebabkan kenapa oli mesin harus disaring terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang bakar.

 

Jika sampai oli yang kotor dan banyak serpihannya masuk ke ruang bakar, maka bisa berpotensi membuat ring piston aus dan dinding silinder baret.

 

Oleh karenanya untuk meminimalisir kerusakan yang mahal tersebut, maka ada yang namanya filter oli yang harus dibersihkan secara rutin dan juga diganti secara rutin.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x