12 Volt Berapa Ampere ? Kurang Tepat Bro!

Daftar Isi [Tampil]

12 Volt berapa ampere ??? Rasanya ini menjadi pertanyaan yang kurang tepat, sebab kasusnya masih belum jelas. Jadi untuk memperjelas, mari kita bahas di artikel ini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai volt dan ampere.

 

Pertanyaan mengenai 12 v berapa ampere ini biasanya dilontarkan oleh para pengendara yang hendak mengganti aki atau accumulator miliknya.

 

Pasalnya, kebanyakan aki memang dibekali dengan spek tegangan sebesar 12 volt, terlebih untuk aki pada sepeda motor.

 

Namun ada pada aki tidak hanya terdiri dari voltase saja, ada juga ampere yang harus “dijawab” atau diketahui saat membeli aki.

 

Kita mungkin tahu bahwa aki itu bertegangan 12 volt dan mencoba mencari tahu berapa ameperenya. Namun itu kurang tepat, sebab harus ada satuan lain yang diketahui.

 

12 Volt Berapa Ampere ?

12 Volt Berapa Ampere ? Kurang Tepat Bro!

Tidak ada acuan mutlak bahwa 12 volt itu harus sekian ampere. Coba simak beberapa varian aki seperti aki YTZ4V hingga YTZ6V.

 

Ya, kedua varian aki tersebut memiliki voltase minimal 12 volt, namun untuk amperenya apakah sama? Jawabannya adalah tidak.

 

YTZ4V punya voltase sebesar 12 volt dan ampere sebesar 3 ampere hours. Sedangkan YTZ6V punya voltase sebesar 12 volt dan 5 ampere hours.

 

Ya, kebanyakan aki motor bahkan mobil memang diberi tegangan 12 volt, namun untuk urusan ampere, tiap varian sering mengusung kapasitas ampere yang berbeda-beda.

 

Mudahnya, silahkan lihat kemasan aki itu sendiri, sebab biasanya akan disebutkan atau ditulisankan besaran voltase dan amperenya.

 

Jika tidak dituliskan, search saja via Google mengenai spesifikasi aki yang digunakan. Sebab nanti akan dimunculkan besaran ampere hingga dimensinya.

 

Mencari Watt dari Volt dan Ampere

Salah satu cara untuk mencari besaran watt adalah dengan mengkalikan ampere dan voltase. Jadi bisa menggunakan rumus W= A X V.

 

Misal yang diketahui adalah aki dari Yuasa YTZ4V yang punya tegangan dan ampere yang dibulatkan di angka 12 volt dan 3 ampere (sekedar informasi, sebenarnya besaran volt dan ampere-nya tidak bulat di angka tersebut. Namun untuk memudahkan, bisanya penulisan akan dibulatkan).

 

Maka watt dari aki Yuasa YTZ4V adalah sebagai berikut:

  • W= 3 x 12
  • W= 36

 

Nah, jika kita sebelumnya sudah tahu mengenai besaran watt dan juga voltasenya, maka kita bisa menghitung besaran ampere dari suatu aki.

 

Misal pada kasus yang sama yakni aki Yuasa YTZ4V, di mana watt-nya adalah sebesar 36 watt dan voltase-nya adalah sebesar 12 volt.

 

Naka kita bisa gunakan rumus sebagai berikut:

  • A= W / V
  • A= 36 / 12
  • A= 3

 

Jadi dari perhitungan di atas atas dasar kita tahu voltase-nya sebesar 12 V dan watt dari aki adalah sebesar 36 Watt, maka kita dapatkan besaran ampere dari suatu aki yakni sebesar 3 ampere.

 

Perbedaan Ampere Hours dan Ampere

Ampere Hours atau sering ditulis sebagai Ampere Hour saja kerap disingkat dengan Ah, ini adalah satuan ampere yang biasa digunakan pada kapasitas baterai termasuk aki.

 

Sedangkan Ampere “saja” merupakan salah satu bagian dari Ah juga. Namun keduanya memiliki sedikit perbedaan.

 

Ampere Hour merupakan besaran ampere yang dikeluarkan dalam satuan waktu (misal 1 jam). Jadi jika baterai memiliki spesifikasi 3 Ah, maka dalam satu jam bisa mengeluarkan 3 Ampere.

 

Ampere “saja” bisa dikatakan besarannya dikeluarkan selama 1 detik, sedangkan dalam Ah, besaran ampere dikeluarkan selama 1 jam.

 

Namun dalam kasus aki karena satuan yang sering digunakan adalah Ah, maka Ampere yang dimaksud “pasti” langsung masuk ke Ah.

 

Jika ingin mendapatkan jawaban yang lebih tepat, tentu kita harus mengurai lagi satuan ini. Namun pembahasannya mungkin akan di bahas di lain kesempatan.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

  Ikuti Kami di  -Google News-

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Tengah Artikel 2


 ⚠  Iklan  ⚠ 

Iklan Bawah Artikel

 ⚠  Iklan  ⚠ 

Suka dengan artikel Satupiston.com? Jangan lupa subscribe kami di Youtube :)