Takaran Oli Shock Depan ADV 150 Berapa?

Takaran oli shock depan ADV 150 berapa ml? Ukuran oli shock depan memang menjadi krusial, sebab bisa menentukan kenyaman motor saat digunakan, terlebih di jalanan yang kurang mulus.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. kali ini kita akan membahas mengenai volume oli shock depan ADV 150.

 

ADV 150 menjadi salah satu motor yang unik sebab memadukan konsep adventure pada motor bermesin matic.

 

Motor ini terpantau pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019 dan eksistensinya harus digantikan pada pertengahan tahun 2022.

 

Bukan untuk disuntik mati, ADV 150 ini digantikan oleh generasi ADV 160 yang mana ini sekaligus mengikuti jejak PCX 150 dan Vario 150 yang sudah lebih dulu naik kelas ke angka 160

 

Takaran Oli Shock Depan ADV 150 Berapa?

Takaran Oli Shock Depan ADV 150 Berapa?

Ukuran oli shock depan ADV 150 per tabung shock-nya adalah sebanyak 127 ml saja. Untuk ukuran motor matic, kami rasa ini cukup banyak.

 

Namun perlu diingat, takaran oli shock depan yang kami sebutkan di atas hanya anjuran pabrik saja.

 

Artinya, takaran tersebut bisa jadi acuan namun bisa jadi tidak mutlak harus di angka tersebut.

 

Sebab nantinya jika kita menggunakan oli shock depan yang lebih encer atau lebih kental, maka kemungkinan besar takaran oli shock-nya akan diubah agar suspensi depan tetap enak.

 

Misal jika kita gunakan takaran oli shock depan yang lebih kental, maka sudah jelas takaran oli shock akan dikurangi agar suspensi depan tidak terlalu keras.

 

Pun sebaliknya, jika oli shock depan yang digunakan lebih encer, maka oli shock akan ditambah takarannya agar shock depan tidak limbung.

 

Namun jika kita menggunakan oli shock depan dari AHM Oil, takaran di atas bisa dijadikan patokan sebab angka tersebut memang anjuran pabrikan.

 

Kapan Waktunya Ganti Oli Shock Depan Motor?

Biasanya, oli shock depan ini bisa bertahan hingga lebih dari 20.000 Km, meski ada beberapa sebab yang membuat oli shock harus segera diganti meski masa pakai di bawah 20.000 Km.

 

Misal jika kerap melewati jalanan yang tidak rata, maka kemungkinan besar oli shock depan akan jadi lebih cepat berkurang performanya.

 

Selain itu, jika seal shock depan mengalami kebocoran sehingga ada air hingga debu yang masuk dan tercampur dengan oli shock, maka ini bisa membuat oli shock harus diganti dengan segera mungkin karena dipastikan performa oli shock akan jauh berkurang.

 

Bahakan suspensi depan itu sendiri akan mengalami ketidaknyamanan saat digunakan yakni akan berat sebelah karena takaran oli akan berbeda antara yang kiri dan yang kanan.

 

Penyebab Umur Pakai Oli Shock Lebih Pendek

Seperti yang disinggung sebelumnya, oli shock depan ini bisa lebih pendek umurnya. Adapun beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut:

  • Sering menerobos jalanan yang tidak rata dengan kecepatan tinggi
  • Faktor terkena panas, semakin terkena panas maka akan semakin encer dan akan menguap jika terlalu panas (misal terkena api dari mesin las)
  • Sering membawa beban berlebih
  • Menurunkan ketinggian shock depan secara berlebihan
  • Berkendara secara agresif (Sering gas rem secara keras)
  • Seal shock depan bocor dan membuat air hingga debu masuk ke oli shock
  • dll

 

Efek Tidak Pernah Ganti Oli Shock Depan Motor

Ada beberapa efek buruk dari tidak pernah ganti oli shock depan motor, yakni:

  • Suspensi depan sudah tidak “ngeper” dan kurang baik dalam meredam guncangan
  • Bagian dalam dari shock depan bisa mengalami kerusakan, telebih jika ternyata oli shock sampai habis
  • Shock depan bisa menjadi limbung
  • dll

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x