Ukuran Velg Xabre Bisa Dipasang Ke Vixion Atau Tidak?

Ukuran velg Xabre bisa dipasang ke Vixion atau tidak? Jawabannya ternyata….. simak saja hingga beres di artikel ini untuk lebih jelasnya.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai velg Xabre dan motor Vixion.

 

Xabre menjadi salah satu motor yang sudah tidak dipasarkan lagi sama seperti Yamaha Byson.

 

Salah satu alasan kenapa kedua motor tersebut tidak dipasarkan lagi adalah karena penjualannya yang terus menurun dan cenderung sepi peminat.

 

Wajar saja, segmen pasar sudah bergeser di mana masyarakat Indonesia cenderung lebih menyukai motor matic.

 

Soal velg dari Xabre, ini adalah salah satu bahan buruan yang banyak dicari oleh para owner motor sport.

 

Bukan tanpa alasan, velg dari Xabre ini cenderung lebih lebar hingga palang berbentuk Y yang sangat keren untuk dipasangkan pada motor sport.

 

Bahkan, banyak velg aftermarket yang desainnya mirip dengan milik Xabre. Lalu, apakah velg Xabre ini bisa dipasangkan pada Vixion?

 

Ukuran Velg Xabre Bisa Dipasang Ke Vixion Atau Tidak?

Ukuran Velg Xabre Bisa Dipasang Ke Vixion Atau Tidak?
Yamaha Xabre

Kabar buruknya adalah velg Xabre tidak PnP pada motor Vixion atau dalam kata lain tidak bisa dipasangkan secara langsung pada Vixion, terlebih untuk generasi Vixion lama seperti generasi 1 hingga 2 yang kaki-kakinya terbilang kecil.

 

Sekedar informasi saja, velg Xabre bagian depan ini berukuran 2.75 inch untuk lebarnya. Sedangkan yang belakang berukuran 3.50 inch. Jelas bukan? Velg depan dari Xabre ini sangat lebar?

 

Adapun jika hendak menggunakan velg dari Xabre, akan ada beberapa ubahan yang terbilang tidak sedikit dan harus banyak memapas di tukang bubut.

 

Kami sarankan, jika kita masih awam akan masalah kaki-kaki motor, maka sebaiknya lakukan pengerjaan ini ke yang sudah profesional atau tidak dilakukan sama sekali.

 

Sebab kaki-kaki ini cukup penting dalam menunjang laju sepeda motor. Salah-salah, efeknya bisa membuat motor jadi tidak stabil untuk dikendarai.

 

Dari apa yang kami alami, velg standar bawaan motor adalah yang termantap untuk urusan stabilitas dan kemudahan dalam pemasangan.

 

Tak jarang, velg aftermarket hingga copot dari motor lain malah bisa membuat motor jadi tidak seimbang saat mengerem, tersendat karena bohing tidak cocok, dan lain sebagainya.

 

Apa Saja Yang Harus Diubah Ketika Menggunakan Velg Xabre di Vixion?

Terlebih untuk Vixion generasi awal, kita harus memapas bagian rumah bearing  pada velg depan Xabre agar tidak mentok ke halu-halu atau suspensi.

 

Selain itu, breket kaliper juga harus diubah agar menyesuaikan dengan milik Xabre.

 

Jangan lupa juga, bagian lubang as roda di suspensi depan harus dibubut agar lubangnya sesuai dengan as roda milik Xabre.

 

Yang terpenting adalah bagian baut di piringan cakram velg depan Xabre juga harus dipapas agar tidak terlalu menonjol dan terkena suspensi depan.

 

Jadi di sini yang bagian depan harus banyak dipapas dan dapat kita simpulkan jika sebenarnya velg dari Xabre ini tidak bisa dipasangkan, terkecuali kita mau mengakali dengan memangkas beberapa sektor yang mentok dengan halu-halu atau suspensi depan Vixion.

 

Sedangkan untuk velg belakang, mau tidak mau kita harus upgrade sistem pengereman jika kita masih menggunakan rem tromol pada Vixion kesayangan kita.

 

Tentu saja, memilih rem cakram belakang yang cocok ini pun akan menjadi masalah tersendiri karena tidak semua rem cakram bisa cocok dengan ukuran piringan cakram bawaan Xabre.

 

Selain itu, pastikan juga bagian bosh pada velg belakang disesuaikan lagi, terlebih untuk bagian yang terhubung ke breket kapiler rem cakram belakang.

 

Ya, sekali lagi, velg Xabre ini tidak PnP ke Vixion dan banyak sekali yang harus diubah. Jadi sebaiknya serahkan pengerjaan ini pada ahlinya.

 

Namun saran dari kami, lebih baik gunakan velg aftermarket yang benar-benar PnP ke Vixion. Jadi kita tidak perlu banyak memapas velg dari Xabre.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x