Ukuran As Shock Depan Tiger Berapa Mili?

Ukuran as shock depan Tiger berapa mili meter? Temukan panjang dan diameter as shock depan Tiger dalam artikel ini.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai dimensi as shock depan Tiger.

 

Tiger, ini adalah motor dari Astra Honda Motor (AHM) yang minim akan bodi dan mengusung kubikasi mesin di kelas 200 cc.

 

Di eranya, Honda Tiger adalah salah satu motor idaman kaum adam. Pasalnya, Honda Tiger menawarkan desain bodi yang gagah karena serba besar.

 

Bahkan di era 2000-an, motor ini menjadi salah satu motor mewah dan banyak didamba-dambakan untuk dimiliki.

 

Untuk sekarang, memang Honda Tiger ini sudah tidak dipasarkan lagi. Salah satu alasannya adalah karena segmen pasar sport 200 cc yang sangat menurun di Indonesia.

 

Sebagai gantinya, sekarang pabrikan motor lebih senang bermain di kelas sport 150 cc. Meski memang, untuk sekarang ini, motor metik masih mendominasi dan menggeser segmen motor bebek hingga sport.

 

Ukuran As Shock Depan Tiger

Ukuran as shock depan Tiger adalah sebesar 31 x 25 x 525 mm. Maksudnya adalah diameter as shock luar sebesar 31 mm, diameter lubang dalamnya sebesar 25 mm dan panjang as shock sebesar 525 mm atau setara 52.3 cm.

 

Tentu saja, dimensi as shock depan ini belum termasuk dengan tabungnya yang biasa digunakan sebagai penampung oli shock dan tempat ditempelkannya beberapa part seperti kaliper rem, dll.

 

Dimensi Seal Shock Depan Tiger

Ukuran As Shock Depan Tiger Berapa Mili?


Sekalian saja, mari kita bahas mengenai dimensi dari seal shock depan Tiger, di mana dimensi seal shock depannya adalah sebesar 31 x 43 x 10.5.

 

Maksudnya adalah lingkar dalam dari seal shock depan berukuran 31 mm, kemudian diameter total atau ukuran lingkar luarnya adalah sebesar 43 mm, dan ketinggian atau ketebalan seal shock sebesar 10.5 mm atau jika dibulatkan jadi 11 mm.

 

Kapan Harus Ganti As Shock Depan Tiger?

Sebenarnya ya ini mah kami jujur pisan, as shock merupakan salah satu komponen yang terbilang sangat awet, ini bahkan mirip dengan rangka yang usia pakainya bisa sampai puluhan tahun JIKA TIDAK ADA KENDALA.

 

Kendala tersebut misalnya adalah sebagai berikut:

  • Bengkok karena bekas terjatuh atau bekas tabrakan
  • As shock depan berkarat, terutama di area seal shock yang bisa membuat seal shock depan akan terus bocor
  • As shock baret, terutama di area seal shock depan yang bisa membuat kebocoran oli shock
  • Dll

 

Ukuran Oli Shock Depan Tiger

Sudah bahas mengenai ukuran as shock dan seal shock-nya, rasanya kurang pas jika tidak sekalian bahas mengenai ukuran oli shock dari Tiger.

 

Sekedar informasi, Tiger lawas mengusung takaran oli shock sebanyak 126 ml untuk satu shock-nya, sedangkan Tiger terbaru (New Revo) mengusung takaran oli shock sebanyak 135 ml.

 

Tetapi takaran tersebut masih sebatas acuan ya, sebab jika ada kondisi lain, maka takaran oli shock bisa berbeda.

 

Misalnya, jika kita menggunakan oli shock yang lebih kental dari standar, maka oli shock harus dikurangi takarannya, sebab jika tetap menggunakan acuan di atas, maka bisa membuat shock depan terlalu keras.

 

Pun begitu, jika ternyata bagian pegas yang ada di dalam shock depan sudah kurang “ngeper”, maka kita harus sedikit menambahkan takaran oli shock agar suspensi depan tidak terlalu empuk atau limbung.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....