Kenapa Motor 4 Tak Tidak Pakai Oli Samping ???

Kenapa motor 4 tak tidak pakai oli samping dan hanya motor berjenis 2 tak yang menggunakan oli samping? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh banyak orang.

 

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai kenapa motor 4 tak tidak memakai oli samping seperti halnya motor berjenis 2 tak.

 

Tidak dapat dipungkiri jika kini motor berjenis 4 tak sangat mendominasi di jalan raya bahkan dalam aspek penjualan.

 

Motor 4 tak mendominasi karena memang motor berjenis 2 tak sudah dilarang dijual secara bebas karena alasan emisi gas buang yang sangat tidak ramah lingkungan.

 

Biasanya, motor 2 tak hanya digunakan untuk spek kompetisi, misal untuk off road atau motocross, itu pun harganya sangat mahal karena beberapa alasan.

 

Pada motor berjenis 4 tak, yang asiknya adalah kita tidak perlu menggunakan oli samping dan cukup oli mesin saja.

 

Wah kok begitu ya? Apa alasannya?

 

Kenapa Motor 4 Tak Tidak Pakai Oli Samping ???

Alasan motor 4 tak tidak pakai oli samping adalah karena motor 4 tak lebih efisien sistem pelumasan mesinnya. Di mana oli mesin sudah termasuk melumasi area gearbox hingga ruang bakar.

 

Ini berbeda dengan mesin motor 2 tak, di mana oli mesin hanya melumasi area perseneling, sedangkan ruang bakar tidak terlumasi oleh oli mesin, sehingga harus menggunakan oli samping.

 

Karenanya, tidak heran jika dihitung-hitung, selain lebih boros bahan bakar, mesin 2 tak juga lebih boros dalam urusan oli samping, meski memang oli mesinnya jadi lebih hemat karena cenderung masa pakainya lebih lama.

 

Jika kalian bertanya, kenapa mesin 2 tak mengeluarkan asap putih, itu karena oli samping yang tercampur bensin di ruang bakar dan ikut terbakar.

 

Asap pada motor 2 tak relatif wajar keluar dari knalpot, asal asapnya berwarna putih dan tidak terlalu banyak atau pun terlalu tipis.

 

Saringan Oli Mesin pada Motor 4 Tak

Kenapa Motor 4 Tak Tidak Pakai Oli Samping ???


Pada motor berjenis 4 tak, lumrah ditemui yang namanya filter oli atau saringan oli. Meski bentuknya berbeda-beda, tetapi fungsinya sama yakni untuk menyaring oli.

 

Fungsi filter oli ini sangat penting terutama pada motor berkopling basah yang perlu pelumasan.

 

Kopling sendiri relatif sering mengeluarkan kotoran bekas gesekan kampas kopling dan komponen lain.

 

Artinya oli akan banyak serpihan dan akan berbahaya jika sampai lolos ke ruang bakar dan menggores dinding silinder.

 

Oleh karenanya tidak heran jika antara bagian bak kopling dan ruang bakar akan ada filter oli yang siap memfilter oli agar lebih bersih.

 

Cara Kerja Oli Samping Motor 2 Tak

Cara kerja oli samping di motor 2 tak adalah di mana oli samping masuk bersama dengan bensin ke dalam ruang bakar.

 

Saat bensin atau campuran bahan bakar terbakar, oli samping akan melumasi bagian mesin yang dilewatinya (sebelum pada akhirnya lambat laun juga akan ikut terbakar).

 

Biasanya oli samping ini akan melewati beberapa komponen seperti piston, ring piston, bearing kruk as, hingga kruk as itu sendiri.

 

Karena vitalnya fungsi oli samping ini, maka tidak heran jika oli samping ini sangat dibutuhkan oleh mesin berjenis 2 tak.

 

Tanpa adanya oli samping, maka motor 2 tak bisa mengalami hal seperti overheat, ceket, dan lain sebagainya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....