Ukuran Velg 140x17 dan Ukuran Velg 140x14 Artinya Apa?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ukuran velg 140x17 dan ukuran velg 140x14 artinya apa?

 

Velg kerap juga disebut sebagai roda pada beberapa kesempatan. Ini adalah part yang berputar dan biasanya “dilapisi” oleh ban.

 

Tanpa adanya velg yang baik, maka besar kemungkinan mobil dan motor tidak akan berjalan dengan baik.

 

Bahkan di beberapa kondisi seperti saat balapan, velg menjadi salah satu instrumen penting yang bisa menjadi kunci kemenangan.

 

Kenapa demikian? Sebab pada dasarnya velg punya beberapa varian hingga beberapa jenis bahan baku yang bisa membuat bobot hingga perputaran velg yang berbeda-beda.

 

Tentu saja, velg pun punya ukuran tersendiri di mana pada beda motor, maka kemungkinan beda juga ukuran velgnya (kecuali dengan motor yang sejenis).

 

Nah, dalam kesempatan ini, kami akan paparkan mengenai ukuran velg 140, di mana ini kerap digunakan pada motor berjenis bebek atau pun metik.

 

Arti Ukuran Velg 140x17

Ukuran Velg 140x17 dan Ukuran Velg 140x14 Artinya Apa?


Arti ukuran velg 140x17 adalah lebar velg berukuran 1.40 inchi dan ring velgnya punya diameter sebesar 17 inchi.

 

Ukuran velg ini sendiri biasanya digunakan untuk velg depan motor bebek, sebut saja seperti varian Honda Supra Fit yang mengenakan velg dengan ukuran ini.

 

Namun meski begitu, ada juga motor sport seperti Kawasaki Ninja 150 R atau Yamaha Vixion yang mengadopsi ukuran velg 140x17 untuk keperluan kontes atau pun balapan.

 

Arti Ukuran Velg 140x14

Setelah membaca artikel di atas, tentu kita akan paham apa maksud dari ukuran 140x14 ini bukan?

 

Yups betul sekali, arti ukuran velg 140x14 adalah lebar velg sebesar 1.40 inchi dan diameter ring velg berukuran 14 inchi.

 

Velg dengan ukuran ini biasanya digunakan untuk velg depan motor-motor metik seperti sebut saja motor dari Mio lawas.

 

Well, meski jarang, tapi ukuran velg ini juga kerap digunakan untuk motor sperti Nmax hingga Aerox untuk konsep motor drag race hingga untuk kontes modifikasi berkonsep Thai Look dan sejenisnya.

 

Kami sendiri kurang begitu paham, kenapa velg berukuran 1.40 inchi ditulis dan disebut sebagai velg 140.

 

Hal tersebut juga membuat kami keheranan selama beberapa waktu dan merenungi apa maksud dan filosofi dari tulisan velg berukuran 1.40 inchi jadi 140.

 

Namun bila diperhatikan, di kebanyakan velg yang berukuran 140, akan ditulis sebagai velg 1.40 yang menandakan lebar velg tersebut adalah sebesar 1.40 inchi.

 

Kesimpulan

Arti ukuran velg 140x17 adalah lebar velg berukuran 1.40 inchi dan ring velgnya punya diameter sebesar 17 inchi. Sedangkan arti ukuran velg 140x14 adalah lebar velg sebesar 1.40 inchi dan diameter ring velg berukuran 14 inchi.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x