Keeway V250 Buatan Mana? Bikin Bingung Kan?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai Keeway V250 buatan mana? Yang jelas kita bahas saja bersama dalam artikel ini.

 

Keeway V250 atau lebih lengkapnya adalah Keeway V250 Fi adalah salah satu motor berkubikasi 250 cc dengan konsep desain cruiser.

 

Apa yang menjadi salah satu kelebihan dari motor yang satu ini adalah mengusung mesin dengan model 2 silinder berbentuk V (V-Twin).

 

Ini tentu cukup unik dan tentu sangat berbeda dengan motor bermesin 2 silinder sejajar atau in-line.

 

Tentu saja, banyak yang kesemsem dengan melihat dari desain mesin dan bodinya. Tetapi pasti ada juga yang masih menahan diri untuk membeli karena alasan “brand”.

 

Maklum saja, di Indonesia, pasar motor nasional masih dikuasai oleh merek pabrikan asal Jepang seperti Honda, Yamaha, Suzuki, hingga Kawasaki.

 

Oleh karenanya, akan banyak keraguan dan kebingungan ketika hendak membeli motor di luar pabrikan yang telah disebutkan di atas.

 

Ambil contoh, beberapa brand pernah angkat kaki dari Indonesia karena ketatnya persaingan. Salah satu yang paling dikenang mungkin adalah Bajaj dengan motor ikonik Pulsar-nya.

 

Sejarah Keeway Indonesia

Di laman resmi dari Keeway, brand yang baru rilis beberapa tahun yang lalu di Indonesia ini memperkenalkan dirinya sebagai berikut:

Keeway adalah sebuah merek yang lahir di Hongaria pada tahun 1999 dengan visi dan misi kami untuk mempersembahkan produk yang berkualitas dan selalu berinovasi. Sebuah merek yang telah hadir selama 21 tahun di dunia roda dua internasional dan telah bertransformasi menjadi sebuah merek Sepeda Motor Multinasional dengan kehadiran produk kami di lebih dari 80 negara…

 

Dari deskripsi di atas terlihat jika Keeway ini sudah lahir sejak 21 tahun yang lalu (sebenarnya lebih, sebab deskripsi tersebut tertulis sekitar tahun 2020).

 

Dari deskrip lain, kita akan tahu jika Keeway ini kental sekali akan model motor dari Eropa atau bahkan Amerika. Ini tidak terlepas dari desainernya yang memang berkiblat ke arah sana.

…Dengan jangkauan produk tidak hanya sepeda motor berkapasitas kecil, tetapi juga sepeda motor berkualitas dan mengikuti perkembangan zaman juga gaya hidup varian produk kami dimulai dari kapasitas mesin dari 50 cc hingga 600 cc. Inspirasi penciptaan produk kami berdasarkan dari pengalaman berkendara , budaya dan seni dari seluruh dunia , saat ini tim desainer keeway merupakan tim desainer dari seluruh dunia, terutama desainer dari negara Italia dan Argentina

 

Secara umum, nampak Keeway ini sangat menjanjikan karena sudah berpengalaman selama puluhan tahun serta memiliki desainer dengan acuan Eropa serta Amerika yang memang cukup banyak digandrungi di Indonesia.

 

Untuk secara spesifik, sepak terjang merek Keeway baru dimulai pada tahun 2020, ini sesuai dengan lanjutan pengenalan diri dari Keeway yakni:

…Ditahun 2020 ini KEEWAY akan beroperasional dan memasarkan produk keeway di negara Indonesia dibawah naungan bendera PT.Benelli Motor Indonesia . Berpegang teguh pada motto perusahaan kami yaitu untuk menghasilkan produk , berusaha memberikan layanan service terbaik dan juga komitmen kami untuk menghadirkan produk yang bercitra dan beridentitas merupakan kehormatan bagi kami untuk dapat merangkul pecinta roda dua khususnya di Indonesia…

 

Terlihat jika Keeway ini tidak hadir atau berdiri sendiri di Indonesia, Keeway datang ke Indonesia di bawah panji PT Benelli Motor Indonesia.

 

Sejarah Keeway Secara Umum

Secara lebih umum dan lebih luas lagi, Keeway ini menginduk pada Qianjiang Motorcycle, di mana brand ini didaftarkan pada tahun 1999 di Hungaria untuk turun di pasar motor area Eropa Timur.

 

Qianjiang Motorcycle sendiri merupakan salah satu brand motor dari China atau Tiongkok yang membawahai beberapa brand motor lain seperti Benelli dan Keeway.

 

Ini mirip seperti Piaggio yang membawahi Vespa, Aprilia, hingga Moto Guzzi.

 

Sejarah Qianjiang Motorcycle

Qianjiang Motorcycle ini memiliki nama lengkap yakni Zhejiang Qianjiang Motorcycle Group Co., Ini merupakan produsen motor asal China atau Tiongkok yang didirikan sejak tahun 1985.

 

Qianjiang Motorcycle didaftarkan di Winling pada Provinsi Zhejiang dan sekarang menjadi salah satu produsen motor terbesar di China.

 

Brand Qianjiang Motorcycle sendiir membawahi beberapa brand motor lain seperti QJmotor, Benelli, Keeway Motors dan KSR Moto.

 

Ya, Benelli dan Keeway ini merupakan salah satu brand di bawah naunagan Qianjiang Motorcycle atau Zhejiang Qianjiang Motorcycle Group Co.

 

FYI, Benelli sendiri tidak lahir secara “murni” dari Qianjiang Motorcycle, Benelli merupakan merek yang mulanya berasal dari Italia dan cukup bersejarah, sebelum pada akhirnya di tahun 2005, Qianjiang Motorcycle mengakuisisinya.

 

Untuk Keeway yang tengah kita bahas ini, brand yang satu ini difokuskan untuk pasar Asia, Eropa, serta Amerika Selatan.

 

Spesifikasi KeewayV250 Fi

Engine

Type

2 Cylinders, SOHC

Max. Torque

17 Nm/5500 rpm

Max. Power    

12.5 Kw/8500 rpm

Displacement 

249cc

Fuel Supply     

Electronic Fuel Injection

Bore x Stroke

49.0 x 66.0 mm

Gearbox

5 speeds

Dimension

Suspension Front

Up Side Down

Suspension Rear

Double Shockabsorber

Wheelbase     

1535 mm

Total Length

2200 mm

Total Width

895 mm

Total Height

1100 mm

Front Tire

120/80-16

Rear Tire

140/70-16

 

Kesimpulan: Keeway V250 Buatan Mana?

Keeway V250 Buatan Mana? Bikin Bingung Kan?


Keeway V250 buatan China atau Tiongkok, di mana merek Keeway didaftarkan di Hungaria dan untuk Keeway V250, proses perakitannya sudah di Indonesia (tentunya untuk target pasar Indonesia).

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....