Chicane Baru Sirkuit Red Bull Ring Austria untuk MotoGP 2022

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Ada chicane baru di Sirkuit Red Bull Ring Austria untuk MotoGP 2022. Ini merupakan langkah baik guna meningkatkan keamanan pada pembalap di sirkuit tersebut.

 

Red Bull Ring Austria memang dikenal sebagai salah satu sirkuit yang cukup menakutkan bagi sebagian pembalap MotoGP.

 

Bukan tanpa alasan, sebab cukup banyak insiden di sirkuit ini ketika pagelaran MotoGP berlangsung.

 

Mulai dari motor terbakar hingga motor terbang yang hampir mengenai Vinales serta Valentino Rossi pernah ada di sirkuit ini.

 

Pengamat mengatakan jika salah satu alasan kenapa sirkuit ini kurang safety untuk pembalap MotoGP adalah karena sirkuit ini benar-benar didesain untuk kecepatan.

 

Maksudnya, pada sirkuit ini motor benar-benar bisa dipacu ke speed maksimal. Bahkan di beberapa titik yang cukup membahayakan seperti di tikungan yang punya titik buta.

 

Chicane MotoGP Artinya

Bicara soal chicane, ini adalah kurva serpentin di jalan, ditambah dengan desain dari didikte oleh geografi. Chicane menambahkan putaran ekstra dan digunakan baik di olahraga otomotif seperti balap mobil / motor maupun di jalan raya konvensional untuk memperlambat lalu lintas demi keamana (id.wikipedia.org).

 

Chicane sendiri dapat disimpulkan merupakan tikungan yang biasanya akan saling bertolak. Misal tikungan seperti huruf S atau Z.

 

Pada intinya, chicane ini difungsikan untuk menurunkan kecepatan motor serta menguji skill pembalap.

 

Chicane Baru Sirkuit Red Bull Ring Austria

Chicane di Sirkuit Red Bull Ring sendiri dibuat sejak Oktober 2022. Chicane ini sendiri dibuat di area tikungan 2.

 

Jika dilihat tetap ada dua layout di T2 atau tikungan 2 ini. Di mana layout lama masih dipertahankan dan berdampingan dengan layout baru yang ada chicane-nya.

 

Chicane Baru Sirkuit Red Bull Ring Austria untuk MotoGP 2022
Chicane baru Red Bull Ring Cirkuit. Source: Facebook/ Red Bull Ring

 

Ini bukan tanpa alasan, sebab layout lama tanpa chicane masih digunakan untuk ajang F1. Sedangkan layout baru yang ada chicane-nya hanya digunakan untuk ajang MotoGP.

 

Jika diperhatikan, chicane ini terbilang selaras dengan karakter Red Bull Ring yakni sirkuit yang lebih mengandalkan stop and go.

 

Chicane baru Red Bull Ring dimulai dari tikungan ke kiri kemudian dibalas ke kanan dan lanjut menuju track lurus menanjak menuju T3.

 


Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....