Arti Ngabuburide Adalah Apa? Ini Jawabannya Brother!!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai arti ngabuburide adalah apa? Apakah kalian pernah mendengarnya?

 

Ngabuburide mungkin akan sedikit asing bagi sebagian orang. Dan kebetulan karena sekarang sudah memasuki bulan Ramadhan, maka kata ngabuburide ini cenderung akan booming kembali.

 

Well, terkhusus untuk anak motor nih, jangan sampai tidak tahu arti dan makna dari ngabuburide ini!!

 

Nah langsung saja, cek artikel di bawah ini hingga beres untuk mengetahui mengenai definisi dari ngabuburide serta seluk beluknya.

 

Ngabuburide Artinya Adalah Apa?

Arti ngabuburide adalah berkendara baik menggunakan motor atau sepeda (ride) ketika sore hari menjelang waktu maghrib atau waktu berbuka puasa (shaum).

 

Jadi ketika bulan Ramadhan tiba, maka anak-anak motor biasanya melakukan ngabuburide guna menyambut datangnya waktu buka puasa.

 

Di sini karena ada kata ride, maka akan identik dengan menunggangi seperti halnya berkendara di atas kuda atau motor atau sepeda.

 

Asal-usul Kata Ngabuburide

Ngabuburide adalah kata dalam bahasa gaul yang menggabungkan dua buah kata. Kata tersebut adalah kata lokal dari bahasa Sunda serta kata luar dari bahasa Indonesia.

 

Kata dasar dari ngabuburide adalah ngabuburit yang berasal dari bahasa Sunda yang bisa dimaknai sebagai kegiatan di sore hati guna menunggu waktu berbuka puasa.

 

Di sini, ngabuburit identik dengan waktu sore karena ngabuburit sendiri terdapat kata “burit” yang artinya adalah sore.

 

Dari pendefinisian lain, ngebuburit juga didefinisikan sebagai ngalantung ngadagoan burit.  Yang artinya kurang lebih adalah bersantai menunggu waktu sore.

 

Adapun untuk kata “ride”, ini adalah kata dalam bahasa Inggris yang artinya adalah berkendara atau lebih spesifiknya adalah menunggangi (seperti mengendarai motor, sepeda, hingga menunggangi kuda).

 

Di Mana Biasanya Ngabuburide?

Arti Ngabuburide Adalah Apa? Ini Jawabannya Brother!!!


Karena ngabuburide biasanya menggunakan motor, maka biasanya ngabuburide dilakukan di jalan-jalan tertentu atau ke tempat tertentu yang bisa dilalui oleh motor.

 

Ya selain hanya sekedar jalan-jalan, terkadang ngabuburide juga diselangi dengan aktivitas nongkrong di tempat-tempat tertentu.

 

Tapi ya terkadang karena ikut-ikutan trend, orang yang ngabuburide ini malah tidak “menjiwai” makna ngabuburide itu sendiri.

 

Jadi kadang saat ngabuburide malah ada agenda makan-makan, padahal buka puasanya masih lama.

 

Oleh karenanya, mungkin ngabuburide yang baik adalah ngabuburide yang tidak menggangu lingkungan sekitar serta tidak menggangu ibadah shaum atau puasa bagi yang menjalaninya.

 


Sudah 2x Puasa Tidak Ngabuburide

Karena adanya pandemi sejak tahun 2020, tentu saja ngabuburide ini dibatasi karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan.

 

Sebenarnya bukan hanya ngabuburide saja, sebab aktivitas lain seperti ngabuburit secara umum hingga shalat tarawih berjamaah di masjid pun dilarang atau dibatasi karena dikhawatirkan akan menularkan virus.

 

Dan karena di tahun 2022 ini nampak sudah ada pelonggaran mengenai kerumunan, maka bisa jadi aktivitas ngabuburit dan ngabuburide akan marak lagi.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....