Front Ride Height Devices Dilarang di MotoGP mulai 2023

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Front Ride Height Devices dilarang di MotoGP mulai 2023. Keputusan ini telah final dan regulasi lebih lanjut akan dibahas setelahnya.

 

Front Ride Height Devices yang dimaksud adalah sistem mekanis khusus yang bertujuan untuk menurunkan atau meninggikan bagian suspensi depan motor saat motor bergerak atau melaju.

 

Front Ride Height Devices Dilarang di MotoGP mulai 2023
Para pembalap MotoGP di sirkuit Mandalika (20/03/2022)

Seperti yang diketahui, perangkat ini digagas oleh pabrikan Ducati di MotoGP yang memang sangat getol mencari inovasi perangkat guna menyempurnakan motornya.

 

Sebelumnya, perangkat penurun atau peninggi suspensi belakang juga sudah digunakan, bahkan kini sudah digunakan tiap pabrikan.

 

Namun untuk urusan Front Ride Height Devices, nampaknya banyak usulan dari pabrikan motor lain selain Ducati yang keberatan.

 

Salah satu alasannya adalah mengenai biaya pengembangan yang bisa semakin membengkak.

 

Adapun regulasi mengenai pelarangan perangkat ini baru efektif berjalan di musim depan atau di tahun 2023.

 

Komisi Grand Prix telah mengkonfirmasi bahwa penggunaan perangkat apa pun yang menyesuaikan ketinggian pengendaraan depan saat bergerak akan dilarang.

 

Dalam pertemuan online yang diadakan pada 18 Maret 2022, Komisi Grand Prix yang terdiri dari Carmelo Ezpeleta (Dorna, Ketua), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA) dan Biense Bierma (MSMA), dibantu oleh Jorge Viegas (Presiden FIM), Carlos Ezpeleta (Dorna), Mike Trimby (IRTA, Sekretaris pertemuan) dan Corrado Cecchinelli (Direktur Teknologi), membuat keputusan berikut:

Dalam pertemuan yang diadakan di Lusail pada tanggal 4 Maret 2022, para delegasi GPC diminta untuk mempertimbangkan dua alternatif usulan mengenai hal ini. Keduanya memiliki tujuan untuk mencegah peningkatan kinerja lebih lanjut dan peningkatan biaya pengembangan.

Setelah mempertimbangkan proposal, peraturan berikut disetujui dengan suara bulat – penggunaan perangkat apa pun yang mengubah atau menyesuaikan ketinggian pengendaraan depan sepeda motor saat sedang bergerak dilarang.

Keputusan Direktur Teknis bersifat final ketika menentukan apa yang dimaksud dengan perangkat ketinggian pengendaraan depan; perangkat yang hanya mengoperasikan satu pukulan pada awal balapan (yaitu perangkat "holeshot") diperbolehkan.

 

Adapun dari keputusan di atas, terlihat jika Front Ride Height Devices masih diperbolehkan ASALKAN HANYA DIGUNAKAN SAAT MENJELANG START DAN MOTOR DALAM KEADAAN DIAM DAN TIDAK DALAM KEADAAN BERGERAK.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x