5 Efek Air Aki Kena Kulit, Ngeri-ngeri Sedap!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai efek air aki kena kulit yang ternyata sangat ngeri-ngeri sedap!

 

Aki, ini adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor atau pun mobil. Secara umum, aki ini punya fungsi untuk menampung daya listrik DC.

 

Selain itu, aki juga berfungsi untuk menjadi sumber daya listrik berarus DC yang dibutuhkan oleh komponen-komponen seperti elektrik starter hingga lampu-lampu.

 

Air aki sendiri kerap disebut sebagai air zuur, ini merujuk pada air yang kerap dituangkan pada cell atau sel aki.

 

Adapun untuk aki maintenance free keluaran terbaru, biasanya kerap mengaut konsep di mana air zuur diisi oleh konsumen dan bukan dari pabrikan.

 

Baca JugaCara Isi Air Zuur Aki Kering MF (Maintenance Free) Baru


Hal ini bertujuan agar aki lebih fresh dan daya listrik pada aki bisa lebih optimal.

 

Masalah timbul ketika kita mengisi air aki sendiri dan kemudian air aki tersebut terkena kulit. Apa efeknya jika seperti itu?

 

5 Efek Air Aki Kena Kulit, Ngeri-ngeri Sedap!

Langsung saja kita bahas, berikut efek air aki kena kulit:

1. Iritasi Kulit

Efek pertama dari air aki yang terkena kulit adalah terkena iritasi. Intensitas iritasi kulit ini berbeda pada tiap orang.

 

Ini tergantung pada seberapa sensitif seseorang ketika terkena zat beracun seperti air aki ini.

 

Sekedar informasi, air aki ini merupakan zat yang korosif, di mana pada besi dapat membuat karat dan pada kulit bisa membuat iritasi.

 

Selain itu, air aki yang merupakan zat asam sulfat juga bisa atau mudah terbakar, sehingga sebaiknya jauhkan dari benda yang memercikan api.

 

2. Gatal Pada Kulit

Ini masih efek dari iritasi kulit, di mana rasa gatal bisa muncul ketika air aki terkena kulit, terlebih dalam takaran besar dan dalam jangka waktu lama.

 

3. Rasa Terbakar

Masih sehubungan dengan iritasi kulit, air aki yang terkena kulit bisa membuat kulit terasa perih layaknya terbakar api.

 

Oleh karenanya, pihak pabrikan aki biasanya mengajurkan kita untuk menggunakan sarung tangan ketika berurusan dengan air aki.

 

4. Kulit Memerah

Selanjutnya adalah bisa membuat kulit menjadi merah karena iritasi. Tentu saja rasa gatal dan perih seperti terbakar semakin membuat efek air aki ini menjadi mengerikan ketika terkena kulit.

 

5. Efek Lain!

Yang terakhir ada efek lain yang tidak berhubungan langsung dengan kulit yakni kebutaan pada mata, gangguan pengelihatan mata, serta keracunan.

 

Jika air aki terkena mata, segera langsung basuh dengan air serta segera ke dokter.  Sebaiknya jangan mengucek mata dengan tangan yang terkana air aki.

 

Jika air aki terkena tangan dan kita tidak membersihkannya lalu kita makan dengan tangan tersebut  secara langsung (misal telapak tangan), maka hal tersebut bisa membuat kita keracunan.

 

Tips Pencegahan Ketika Mengisi Air Aki Yang Bersifat Asam

Berikut beberapa tips pencegahan agar terhindar dari efek aki terkena kulit:

  • Gunakan sarung tangan
  • Gunakan kacamata pelindung
  • Jauhkan dari anak kecil
  • Jauhkan dari benda yang memercikan api
  • Jauhkan dari makanan/ minuman
  • Segera basuh bagian tubuh yang terkena air aki

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....