Takaran Kapasitas Oli Mesin R15 V4 dan R15M, Ternyata Segini Saja !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai takaran kapasitas oli mesin R15 V4 dan R15M.

 

R15 V4 dan R15M adalah salah satu motor yang dirilis pada akhir tahun 2021 kemarin.

 

Motor yang diluncurkan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ini dapat dibilang cukup banyak dinantikan kehadirannya.

 

Berbeda dengan versi India, R15 V4 dan R15M versi Indonesia punya keunggulan yakni power atau daya mesin yang tidak terpotong alias masih sebesar 14,2 kW pada putaran 10.000 RPM.

 

Maklum saja, di India sana, R15M  V4 dan R15M punya daya maksimum yang lebih rendah karena dikorbankan untuk aspek menekan emisi gas buang.

 

Bicara soal mesin, rasanya kurang afdol jika kita tidak membahas mengenai aspek kapasitas oli mesinnya.

 

Takaran Kapasitas Oli Mesin R15 V4 dan R15M

https://www.satupiston.com/2021/12/spesifikasi-r15-v4-dan-r15m-2021.html

Takaran kapasitas oli mesin R15 V4 dan R15M adalah sebesar 0,85 liter untuk pergantian periodik, lalu jika pergantian oli dilakukan dengan pergantian filter oli, maka takaran olinya adalah sebanyak 0,95 liter.

 

Adapun kapasitas total dari oli mesin R15 V4 dan R15M adalah sebesar 1,05 liter. Jadi jika kita habis bongkar mesin, misal ganti kampas kopling, maka dianjurkan mengisi oli mesin sebanyak 1,05 liter.

 

Biasanya saat bongkar mesin misal ganti kampas kopling, maka kapasitas oli di mesin akan sangat banyak berkurang dan bahkan sampai kosong.

 

Ini berbeda saat ganti oli dalam jadwal periodik, di mana  biasanya masih ada beberapa mili liter oli yang tertinggal pada blok mesin.

 

Oleh karenanya, tidak heran jika takaran oli saat ganti oli periodik dan ganti oli saat sudah bongkar mesin akan berbeda.

 

Rekomendasi Oli Mesin R15 V4 dan R15M

Rekomendasi oli mesin yang cocok untuk R15 V4 dan R15M adalah sebagai berikut:

1. Yamalube Super Sport Oil

  • Takaran: 1 liter
  • Spesifikasi: Full Synthetic SL 10W-40 JASO MA
  • Harga: Rp. 85.000
  • Keterangan produk: Yamalube Super Sport Motor Oil diformulasikan khusus untuk perawatan mesin motor 4-Tak modern tipe sport yang mana mempunyai kerapatan mesin yang kecil, material komponen yang lebih baik dan tenaga mesin yang besar

2. Yamalube RS4GP

  • Takaran: 1 liter
  • Spesifikasi: Full Synthetic GP SL 10W-40 JASO MA
  • Harga: Rp. 172.000
  • Keterangan produk: Yamalube RS4GP diformulasikan khusus untuk perawatan mesin motor 4-Tak premium dengan teknologi MotoGP Yamaha untuk memenuhi kebutuhan pengguna Motor Sport  mulai dari penggunaan harian hingga penggunaan balap

3. Yamalube Sport Motor Oil

  • Takaran: 1 liter
  • Spesifikasi: SL 10W-40 JASO MA
  • Harga: Rp. 54.000
  • Keterangan produk: Yamalube Sport Motor Oil diformulasikan khusus untuk mesin motor 4-Tak modern tipe moped (underbone) dan tipe sport yang mana membutuhkan pelumasan untuk performa yang lebih baik

 

*harga dapat berubah sewaktu-waktu

 

Untuk oli R15 V4 dan R15M yang masih baru, sebaiknya gunakan oli dari Yamalube untuk berjaga-jaga jika suatu saat akan klaim garansi mesin.

 

Pasalnya, oli yang tidak disarankan oleh pabrikan atau dealer Yamaha bisa membuat klaim garansi mesin hangus.

 

Yamalube Super Sport Oil jadi opsi oli pertama, kemudian jika ada budget lebih bisa menggunakan Yamalube RS4GP.

 

Dan jika budget-nya terbatas, kita bisa gunakan oli versi termurah dari Yamalube untuk motor sport yakni Yamalube Sport Motor Oil.

 

Tetapi sebaiknya konsultasikan oli terbaik untuk R15 V4 dan R15M dengan dealer Yamaha terdekat guna mendapatkan performa terbaik dan jaminan garansi mesin.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x