Perlukah Asuransi Pengiriman Tokopedia ??? Ini Jawabannya

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai pertanyaan perlukah asuransi pengiriman Tokopedia?

 

Tokopedia? Ini adalah salah satu marketplace online asal Indonesia yang saat ini tengah naik daun dari segi penggunanya.

 

Sejauh ini, Tokopedia banyak digunakan karena beberapa alasan seperti metode pembayaran via e-wallet yang beragam (via Ovo dan Gopay) hingga karena harga barang dari penjualnya yang relatif murah.

 

Untuk lebih menambah kenyaman, Tokopedia juga punya jaringan asuransi sendiri yang berkenaan untuk mengasuransikan barang yang tengah dikirim.

 

Selain itu, Tokopedia juga bekerja sama dengan lembaga asuransi lain untuk memberikan jaminan asuransi untuk penggunaan barang.

 

Namun memang yang lebih banyak digunakan adalah asuransi pengirimannya, sebab saat proses pengiriman ini kerap terjadi hal-hal di luar keinginan seperti barang rusak, hilang, hingga tidak sesuai.

 

Perlukah Asuransi Pengiriman Tokopedia?

Perlukah Asuransi Pengiriman Tokopedia ??? Ini Jawabannya

Perlukah asuransi pengiriman Tokopedia? Jawabannya adalah perlu JIKA produk yang dikirimkan rawan rusak, rawan hilang, atau pun rawan tidak sesuai (misal membeli bagian dalam dari mesin kendaraan bermotor).

 

Untuk kasus yang tidak sesuai, kita juga harus berkonsultasi dengan penjual mengenai kesepakatan barang.

 

Sebab ada juga pedagang yang enggan ada retur jika barang tidak sesuai dengan deskripsi yang dijelaskan.

 

Asuransi pengiriman sendiri bisa menanggung ongkir retur dari barang yang hendak dikembalikan karena tidak sesuai.

 

Oleh karenanya ini akan jadi ruwet jika pedagang enggan melakukan retur.

 

7 Kelebihan Asuransi Pengiriman Tokopedia

Ada beberapa kelebihan dari asuransi pengiriman Tokpedia yakni:

  1. Harga premi murah yakni 0,50% dari harga produk ditambah ongkos kirim dengan pembulatan terdekat
  2. Jika beli di Official Store Tokopedia, maka asuransi pengiriman ditanggung oleh toko tersebut
  3. Tanggungan yang akan diberikan oleh pihak Asuransi senilai harga barang + ongkos kirim awal + ongkos return + ongkos re-shipment  maksimal Rp 100.000.000,- (Seratus juta rupiah) per invoice
  4. Mencakup masalah barang hilang hingga rusak
  5. Bisa digunakan untuk menanggung biaya ongkir saat retur jika barang tidak sesuai
  6. Menjamin kejelasan pengiriman barang, jika lama pengiriman barang di luar estimasi waktu pengiriman, maka akan ada refund pembeli maksimal 5 hari kerja setelah transaksi selesai
  7. Tidak perlu membayar biaya asuransi ke jasa ekspedisi yang digunakan, sebab asuransi dilakukan oleh mitra Tokopedia yakni PT Asuransi Tokio Marine Indonesia yang bekerja sama dengan PT Panasonic Insurance Service Indonesia

 

Sebenarnya pada kasus paket hilang atau rusak di jasa ekspedisi yang digunakan, maka kita bisa juga mengklaim barang pada jasa ekspedisi tersebut di luar klaim dari asuransi.

 

Jadi pada intinya kita tetap bisa mengklaim kerusakan atau barang yang hilang pada jasa ekspedisi yang bersangkutan meski tidak ikut asuransi.

 

Ini juga diperkuat oleh pernyataan dari Tokopedia.com yang menyatakan sebagai berikut:

Dalam kasus barang hilang atau rusak, tetapi tidak menggunakan Asuransi Pengiriman, maka apabila terjadi kehilangan atau kerusakan barang, Penjual tetap akan mendapat penggantian dari Partner Logistik sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari masing-masing kurir yang digunakan

 

Tetapi ada celah pada regulasi klaim barang tanpa asuransi di jasa ekspedisi. Misalnya saja jika barang ternyata rusak baik sebagian atau pun rusak parah.

 

Maka pihak jasa ekspedisi biasanya akan menyalahkan pengirim barang karena tidak menggunakan pelindung barang tambahan yang artinya adalah barang tersebut tidak bisa diganti oleh pihak ekspedisi.

 

Kami bahkan kerap melihat tulisan jika pihak ekspedisi tidak akan mengganti rugi jika paket yang dikirimkan rusak dalam pengiriman jika paket tersebut tidak dikemas secara aman oleh pengirimnya.

 

Dalam kata lain, kemungkinan besar pihak jasa ekspedisi hanya akan mengganti jika barang yang dikirim hilang, dan dalam beberapa kasus yang kami temui, penggantian barang kadang maksimal hanya 50% dari harga barang tersebut.

 

Jadi kesimpulan mengenai perlukah asuransi pengiriman di Tokopedia ini kembali lagi ke diri kalian masing-masing.

 

Tetapi jika barang yang dikirim berharga mahal dan rawan rusak atau hilang dalam perjalanan, maka sebaiknya gunakan asuransi.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....