Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin PCX 160

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai letak nomor rangka dan nomor mesin PCX 160.

 

Honda PCX 160 adalah salah satu motor andalan dari Astra Honda Motor atau AHM. Motor ini ditandemkan dengan ADV 150 serta Vario 160 untuk melawan keluarga Maxi dari Yamaha.

 

Motor ini sendiri adalah generasi penerus dari PCX 150 yang sebelumnya sudah dipasarkan di tanah air.

 

Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan coba bahas PCX 160 bukan dari spek atau desainnya, tetapi dari letak nomor rangka dan mesinnya.

 

Letak Nomor Rangka dan Mesin PCX 160

Di mana letak nomor rangka dan nomor mesin PCX 160? Letak nomor rangka PCX 160 ada di rangka dekat dengan bagasi, sedangkan letak nomor mesin PCX 160 ada di area bawah CVT mesin.

 

Nomor rangka dan mesin sendiri merupakan sekumpulan huruf dan angka yang dikombinasikan.

 

Jadi kita harus cari letak nomor rangka dan mesin di area yang sudah kami sebutkan di atas.

 

Letak Nomor Rangka PCX 160

Untuk melihat nomor rangka PCX 160, kita harus membuka jok serta simak baik-baik rangka yang ada di area bagasi serta pengunci jok motor seperti gambar di bawah ini:

 

Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin PCX 160

Ingat, nomor rangka dan mesin sendiri merupakan sekumpulan huruf dan angka yang dikombinasikan. Jadi jangan sampai salah ya!


FYI, nomor rangka dari PCX 160 sendiri tertutup oleh cover, jadi kita harus buka dulu covernya.

 

Letak Nomor Mesin PCX 160

Untuk nomor mesin, letaknya ada di bawah CVT atau bagian mesin sebelah kiri. Kita harus sedikit menunduk untuk mengecek nomor mesin ini.

 

Simak gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya:

 

Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin PCX 160
Sumber: Youtube/ Mi Hobby Channel

Sama seperti nomor rangka, nomor mesin pun merupakan sekumpulan huruf dan angka yang dikombinasikan.

 

Untuk lebih memastikan, silahkan samakan nomor rangka dan nomor mesin dari PCX 160 dengan nomor rangka dan mesin yang terletak di STNK dan BPKB.

 

Simak video di bawah ini untuk lebih jelasnya:



Kenapa Harus Mengetahui Nomor Rangka dan Mesin Motor?

Saat menggadaikan motor, cek fisik di Samsat, hingga beli motor bekas, kita mau tidak mau harus mengecek nomor rangka dan mesin guna dicocokan dengan yang tertera di STNK serta BPKB.

 

Mengecek nomor rangka dan mesin sendiri memang kerap dilakukan rutin secara 5 tahunan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan pelat nomor atau TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) baru.

 

Dan untuk beli motor bekas, kita juga dianjurkan untuk mencocokan nomor rangka dan mesin pada motor dengan yang di STNK serta BPKB.

 

Hal ini dilakukan untuk lebih memastikan bahwa motor bekas yang hendak kita beli benar-benar legal dan surat-suratnya sesuai dengan unit motornya.

 

Ingat untuk menjaga nomor rangka dan mesin ini, jangan sampai kita memodifikasi motor hingga membuat nomor rangka dan mesinnya menghilang.

 

Biasanya, nomor rangka dan mesin sendiri bisa sampai hilang karena keropos pada rangka, kecelakaan, hingga keteledoran pemilik karena memodifikasi motor dengan teknik potong rangka, ganti mesin, hingga ganti rangka.

 

Untuk modifikator pengalaman, biasanya sebelum memodifikasi sudah memperhitungkan beberapa aspek, salah satunya adalah aspek untuk menjaga nomor rangka dan mesin agar tidak hilang baik karena tergurinda, tercat, terdempul, dan lain sebagainya.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....