Letak Aki Fazzio Hybrid, Jadi Motor Metik Yamaha Pertama Yang Posisi Akinya Di Sini !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai letak aki Fazzio Hybrid atau posisi aki Fazzio Hybrid.

 

Fazzio menjadi motor metik pertama dari Yamaha di Indonesia yang punya letak aki berbeda dari motor metik Yamaha lainnya.

 

Oleh karenanya, menjadi wajar jika kalian tidak tahu mengenai letak aki dari Fazzio Hybrid ini. Sebab posisinya ngumpet di suatu tempat yang terbilang tidak biasa bagi motor metik Yamaha.

 

Lalu, di manakah letak aki Fazzio Hybrid? Untuk menjawab itu semua, simak saja sub judul di bawah ini.

 

Letak Aki Fazzio Hybrid

Letak aki Fazzio atau posisi aki Fazzio berada di bawah pijakan kaki depan atau bagian dek depan yang jadi pijakan kaki pengemudi. Untuk melihat aki, kita harus buka penutup aki pada dek tersebut.

 

Letak Aki Fazzio Hybrid, Jadi Motor Metik Yamaha Pertama Yang Posisi Akinya Di Sini !!!
Sumber gambar: yamaha-motor.co.id (gambar telah diedit)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, letak aki ini cukup berbeda dengan motor metik Yamaha lain.

 

Adapun letak aki yang ada di dek ini sudah lebih dulu dilakukan oleh Honda Vario 150 dan Vario 160 serta beberapa motor metik Honda lain.

 

Kenapa Aki Fazzio Ada Di Dek?

Alasan aki Fazzio Hybrid ada di dek atau pijakan kaki depan adalah untuk memaksimalkan kapasitas tangki bahan bakar dan juga kapasitas bagasi motor.

 

Alasan ini juga dilakukan oleh pabrikan Honda untuk memindahkan posisi aki dari motor metik Vario.

 

Dengan menyimpan aki di bagian dek, setidaknya Fazzio mendapatkan kapasitas tangki BBM sebesar 5,1 liter dan juga bagasi penyimpanan barang sebesar 17,8 liter.

 

Apakah Posisi Aki Fazzio Aman Dari Banjir?

Mungkin ada yang bertanya mengenai apakah posisi aki Fazzio aman dari banjir? Mengingat posisinya yang ada di bagian dek bawah yang tentu rentan tergenang oleh banjir.

 

Pihak Yamaha sendiri mengklaim posisi ini aman, pasalnya meski nantinya terendam banjir di area dek, namun area aki tetap dijamin kering sehingga tidak berpengaruh pada aki itu sendiri.

 

Catatan di sini adalah asalkan pemasangan aki dilakukan dengan benar dan tidak menghilangkan bagian-bagian pada penutup aki.

 

Pada kasus motor metik Honda yang letak akinya juga ada di dek, sejauh ini juga terbilang aman meski harus tergenang air banjir.

 

Namun sekali lagi, pemasangan cover aki yang tidak semestinya bisa membuat aki bisa terendam air saat motor diajak melewati genangan banjir.

 

Tipe Aki Fazzio Hybrid

Tipe aki Fazzio Hybrid adalah aki MF (Maintenance Free) dengan merek Yuasa bertipe YTZ6V yang punya kapasitas 5 Ampere Hours dan juga tegangan 12 volt.

 

Aki dari Fazzio ini punya persamaan dengan aki dari GS Astra GTZ6V yang artinya adalah bisa juga disubstitusikan dengan aki dari Vario 125 dan Vario 150 (Vario 160) atau motor lain seperti GSX R150, Sonic 150, Satria F150, CB150R, hingga CBR150RR yang menggunakan aki GS Astra GTZ6V.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....