Senyawa Berikut Yang Bukan Merupakan Minyak Bumi Adalah Ini

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai senyawa yang bukan merupakan minyak bumi.

 

Minyak bumi adalah salah satu bahan yang banyak diburu oleh banyak negara. Bukan hanya karena kegunaannya yang dibutuhkan, minyak bumi dicara juga karena nilai ekonomisnya.

 

Banyak negara-negara di Timur Tengah yang tandus dan gersang bisa jadi negara kaya hanya karena melimpah hasil minyak buminya. Itu setidaknya sudah cukup untuk membuat makmur suatu negara.

 

Nah bicara soal senyawa minyak bumi, mari kita bahas sedikit mengenai mana yang bukan merupakan senyawa minyak bumi dan mana yang merupakan senyawa minyak bumi.

 

Oke, mari kita lanjut ke sub bab di bawah ini.

 

Senyawa Yang Bukan Merupakan Minyak Bumi

Senyawa berikut yang bukan merupakan minyak bumi adalah keton hingga asam asetat. Keton sendiri adalah asam yang dihasilkan oleh tubuh saat pembakaran lemak. Sedangkan asam asetat dikenal juga sebagai asam cuka.

 

Pada intinya, senyawa yang merupakan minyak bumi adalah apa yang ditemukan di dalam bumi. Jadi jangan sampai tertukar ya!

 

Senyawa Yang Merupakan Minyak Bumi

Senyawa Berikut Yang Bukan Merupakan Minyak Bumi Adalah Ini


Setelah membahas mengenai senyawa yang bukan termasuk ke golongan minyak bumi, mari kita bahas lebih lanjut mengenai senyawa yang merupakan minyak bumi.

 

Tentunya karena keterbatasan kami, di sini tidak akan membahas semua jenis dan golongan minyak bumi, hanya membahas beberapa senyawa minyak bumi saja, oke!

1. Nafta

Nafta ini disebut juga sebagai naphtha, senyawa ini terdiri dari beberapa jenis hidrokarbon cair dan biasa digunakan sebagai bahan baku dalam memproduksi komponen bensin dengan oktan tinggi.

 

Selain itu, Nafta juga kerap digunakan untuk membuat olefin dalam industri petrokimia serta digunakan juga sebagai pelarut di industri kimia.

 

2. Kerosin

Kerosin ini adalah sejenis hirokarbon yang tidak memiliki warna dan sangat mudah terbakar. Sederhananya, ini adalah minyak tanah yang di Indonesia sempat jadi bahan bakar kompor minyak di keperluan rumah tangga.

 

Sayangnya, kini minyak tanah atau kerosin sudah dibatasi penggunaannya di Indonesia, ini tak terlepas dari kerosin sendiri yang kerap langka.

 

Selain itu, pemerintah juga mengambil kebijakan yakni mengganti minyak tanah dengan gas LPG yang bertujuan agar lebih hemat serta lebih ramah lingkungan.

 

3. Bensin

Bensin adalah serapan kata dari bahasa Belanda yakni benzine. Bensin sendiri adalah salah satu minyak bumi yang dikhususkan sebagai bagan bakar untuk kendaraan bermotor seperti sepeda motor hingga mobil.

 

Kami rasa, kita sudah familiar dengan bensin, sebab bensin memang jadi salah satu kebutuhan utama dalam moda transportasi untuk motor bensin (bukan disel ya!).

 

4. Aspal

Aspal atau bitumen juga merupakan salah satu hasil dari minyak bumi. Aspal sendiri sering digunakan untuk jalan raya atau jalan yang dilalui oleh bam kendaraan bermotor.

 

Aspal sendiri memiliki sifat yang merekat, cukup keras, cukup tahan air, serta sedikit elastis. Secara performa, aspal ini sangat cocok untuk ban karena dari kendaraan bermotor.

 

Tetapi dari segi keawetan, jalanan dengan kontruksi beton dinilai lebih awet, meski kekurangan dari jalanan dari beton adalah kurang lengket pada ban kendaraan bermotor.

 

Nah artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x