Per Kopling Racing Yang Empuk, Ada Kah?

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai per kopling racing yang empuk, apakah ada ya?

 

Membahas per kopling racing memang sangat menarik. Per kopling racing ini kerap dijadikan alternatif dalam mendongkrak performa motor.

 

Per kopling sendiri dapat meminimalisir terjadinya slip pada kopling dan juga sanggup memaksimalkan hentakan mesin saat tengah mengoper gigi.

 

Karena alasan tersebut, maka limit motor saat mengoper gigi bisa diminimalisir. Tentunya keuntungan dari per kopling racing tersebut banyak memikat para pemotor untuk menggunakan per kopling racing.

 

Tetapi ada harga yang harus dibayar ketika menggunakan per kopling racing. Harga tersebut bukan hanya sekedar harga dari per kopling itu sendiri yang lebih mahal.

 

Harga lain yang harus dibayar adalah kabel kopling yang mudah putus, tuas kopling yang jadi lebih keras, hingga membuat tangan kiri jadi lebih mudah pegal.

 

Karena alasan itu, maka banyak bikers yang berusaha mencari per kopling racing namun yang empuk dan tidak keras.

 

Hmm, lalu bagaimana?

 

Apakah Ada Per Kopling Racing Yang Empuk?

Per Kopling Racing Yang Empuk, Ada Kah?

Kabar buruknya adalah kemungkinan nihil adanya per kopling racing yang empuk. Sebab per kopling racing sendiri memang biasanya daya pegasnya lebih keras dari per kopling standar.

 

Lebih kerasnya daya pegas per kopling racing bukan tanpa alasan, sebab memang itu yang dicari dari per kopling racing.

 

Dengan daya pegas yang lebih besar, maka kampas kopling bisa lebih keras ditekan dan meminimalisir adanya slip. Selain itu saat tuas kopling dilepas, maka daya pegas yang besar tersebut bisa bermanfaat untuk memberi daya hentak yang lebih besar.

 

Adapun di sebagian bikers, biasanya mengakali per kopling racing dengan mencari per kopling dari motor lain yang panjang per koplingnya lebih panjang.

 

Serta ada juga tips lebih hemat yakni dengan menambahkan ring saat memasangkan per kopling. Namun cara ini terbilang untung-untungan, sebab ada jenis kopling yang akan tidak bekerja jika per koplingnya diganjal dengan ring.

 

Pakai Kopling Hidrolik Agar Per Kopling Racing Empuk

Ketimbang mencari per kopling racing yang empuk, lebih disarankan mengganti part lain agar lebih optimal. Atau bisa juga memakai kopling hidrolik agar per kopling racing jadi empuk.

 

Jadi sebenarnya saat memakai kopling hidrolik, per kopling racing tetap keras, tetapi karena mekanisme penekannya tidak lagi pakai kabel dan pakai sistem hirolik, maka menekan tuas kopling pun akan terasa lebih enteng atau empuk.

 

Kopling hidrolik sendiri banyak digunakan di motor-motor balap terutama di ajang MotoGP. Ini juga yang jadi sebab kenapa ada dua tabung minyak di stang kiri dan kanan motor-motor balap.

 

Sayangnya harga dari kopling hidrolik ini tidaklah murah. Selain itu, jika nantinya ada kerusakan pada sistem hidroliknya, maka butuh biaya lebih besar untuk memperbaikinya (bila dibandingkan dengan kopling yang menggunakan kabel).

 

Tapi jika kalian punya budget lebih dan benar-benar hobi memodifikasi motor, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan kopling hidrolik ini.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



 Info Loker Bandung Raya:


Lihat lebih banyak info loker....



x