Ganti Oli Motor BeAT Berapa Km Sekali ??? Ternyata Ini Penjelasannya !!!

Satupiston.com – Assalamu’alaikum. Kembali lagi pada artikel kami. Kali ini kita akan membahas mengenai ganti oli motor BeAT berapa Km sekali?

 

Oli mesin pada motor menjadi salah satu komponen yang harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya jika salah dalam penanganan, maka bisa berdampak buruk pada kerusakan motor.

 

Ring seher yang bocor hingga mudah overheat menjadi salah satu kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh oli yang kurang diperhatikan pada motor.

 

Selain itu di kerusakan ringan, oli yang kurang tepat bisa membuat tarikan motor jadi lebih berat dan kurang enak untuk dikendarai.

 

Nah salah satu aspek yang menjadi wajib untuk diketahui adalah mengenai Km atau kilometer atau jarak tempuh dari suatu motor.

 

Jarak tempuh suatu motor biasa menjadi patokan dalam melakukan perawatan berkala, salah satunya untuk mengganti oli.

 

Untuk mengetahui jarak tempuh, biasanya kita bisa mengecek trip meter atau oddometer yang ada di dashboard atau speedometer kendaraan bermotor kita.

 

Lalu, untuk ganti oli motor Beat tiap berapa Km sekali?

 

Ganti Oli Motor BeAT Berapa Km Sekali?

Ganti Oli Motor BeAT Berapa Km Sekali ??? Ternyata Ini Penjelasannya !!!


Biasanya oli bisa tahan hingga jarak 3000 Km – 4000 Km, tetapi banyak yang merekomendasikan untuk mengganti oli motor Beat tiap 2000 Km – 2500 Km sekali.

 

Namun jika motor Beat-nya baru dari dealer, maka rekomendasi pergantian oli adalah di 1000 Km pertama. Sesudah melewati 1000 Km pertama, maka rujukan ganti oli bisa mengikuti tiap 2000 Km hingga 2500 Km sekali.

 

Sebenarnya ada cara lain untuk mendiagnosa kapan harus ganti oli, yakni dengan cara melihat kapasitas oli (apakah masih tinggi atau sudah rendah), melihat kekentalan oli (apakah masih kental atau sudah encer), serta melihat apakah oli masih bagus dalam artian masih murni oli atau ada campuran lain (misal air, kerikil dari logam, dsb).


Kenapa Tidak Tiap 3000 Km – 4000 Km Sekali?

Mungkin ada yang bertanya, kenapa sih tidak pas di angka 3000 Km atau 4000 Km saja? Sebenarnya ikuti patokan 3000 Km hingga 4000 Km pun boleh-boleh saja asal trip meter mengukur dengan presisi.

 

Namun masalahnya di sini adalah kadang trip meter mengukur jarak tempuh secara tidak presisi. Apa buktinya? Buktinya adalah saat mesin dipanaskan atau kita tengah terjebak di kemacetan, trip meter tidak mengukurnya dengan tepat.

 

Sederhananya, apakah saat mesin motor dipanaskan dan terdiam trip meter ikut mengukur jarak tempuh? Jawabannya adalah cenderung tidak dan ini yang jadi alasan kenapa sebaiknya mengganti oli tidak di angka akhir atau maksimal dari jarak tempuh.

 

Takaran Oli Beat

Takaran oli dari Honda Beat adalah 0.65 liter untuk Beat eSAF atau yang terbaru, sedangkan untuk Beat lawas takarannya adalah 0.7 liter – 0.8 liter.

 

Sederhananya, Beat tahun 2008-2019 membutuhkan oli mesin sekitar 0.7 – 0.8 liter, sedangkan Beat terbaru atau sejak tahun 2020 hingga sekarang membutuhkan takaran oli mesin sebesar 0.65 liter.

 

Pastikan kita mengisi oli dengan cukup dan jangan sampai kurang karena dapat membuat mesin jadi overheat.

 

Artikel ini kami cukupkan sampai di sini, akhir kata semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum.

Bagikan Artikel Ini Melalui:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Karena keterbatasan tim editor, mungkin akan banyak typo di artikel ini...
x